Fitur Baru di ChromeOS, Bisa Mengekstrak Teks dari PDF Langsung dengan OCR
Mengekstrak teks dari PDF dengan OCR (foto: Google)

Bagikan:

JAKARTA - Google meluncurkan kemampuan baru yang memungkinkan pengguna untuk mengekstrak teks dari PDF menggunakan Optical Character Recognition (OCR) di ChromeOS. 

Selain itu, mode membaca di browser Chrome juga mendapatkan fitur baru yang bisa menyorot teks, membaca teks dengan lantang, dan suara (text-to-speech) yang terdengar lebih alami.

Google mengarakan bahwa mereka kini menambahkan 30 bahasa lagi untuk fitur Closed Caption (CC) di Google Meet yang secara otomatis dapat menerjemahkan percakapan ke dalam teks. 

Menariknya, host bisa menempatkan beberapa video tiles pada saat yang bersamaan di tampilan layar utama bagi seluruh peserta yang menghadiri sebuah sesi pertemuan. Sehingga bisa melakukan presentasi dengan penerjemah bahasa isyarat sscara bersamaan. 

Selain itu, Google juga berkomitmen untuk menghadirkan perangkat yang inovatif dan berkelanjutan. Baru-baru ini, Google mengumumkan sejumlah penyempurnaan pada Chromebook, seperti menghadirkan 15 model perangkat baru untuk pendidik dan siswa dengan pembaruan otomatis selama 10 tahun, mulai dari tahun 2024. 

Google juga memperluas portofolio pengelolaan perangkat dan akun dengan Endpoint Education Upgrade. Solusi ini akan membantu mengelola perangkat Android dan iOS dengan manajemen perangkat dan kontrol keamanan yang lebih canggih dan proaktif. 

Terakhir, untuk meningkatkan perlindungan data, Admin dapat menerapkan kontrol pencegahan kehilangan data yang lebih kuat di Chromebook, Gmail, dan Drive. Sehingga bisa mencegah kebocoran data sensitif secara tidak sengaja.