Bagikan:

JAKARTA - Google mengumumkan akan segera meluncurkan kemampuan baru yang memungkinkan Chrome untuk dapat mengonversi PDF ke teks secara langsung, untuk pengguna yang memiliki keterbatasan penglihatan. 

"Sebagian besar konten web tidak dapat diakses oleh mereka yang kesulitan membaca. Faktanya, berdasarkan analisis internal kami, ada lebih dari 360 miliar PDF yang tidak dapat diakses oleh orang tunanetra atau memiliki penglihatan yang buruk dan mengandalkan pembaca layar," kata Jonatan Bernal, Manajer Produk, ChromeOS dalam blog Google. 

Meskipun sudah ada dorongan pengembangan selama 30 tahun terakhir, namun masih banyak PDF yang belum bisa diakses. Jadi dengan bantuan AI, Google membuat fitur browser Chrome bawaan untuk membantu memperbaiki masalah ini bagi semua orang. 

Pada bulan Maret, Google sudah memperkenalkan mode membaca, yang memudahkan siswa membaca teks dengan membuatnya lebih besar, mengubah font, dan menghilangkan gangguan, di browser Chrome di perangkat ChromeOS. Sekarang, mode membaca juga akan tersedia untuk browser Chrome di semua komputer.

Tidak berhenti di situ, Google juga menambahkan lebih banyak fungsi ke PDF, dimana raksasa penelusuran itu akan dapat mengonversi gambar menjadi teks untuk PDF di browser Chrome di ChromeOS. 

"Artinya, saat pengguna pembaca layar menemukan PDF yang tidak memiliki teks alternatif (deskripsi gambar yang disematkan dan dapat dibaca oleh pembaca layar), pembaca layar akan dapat mengonversi gambar menjadi teks dan membacanya dengan lantang," tambah Google. 

Nah, mode membaca dan gambar ke teks akan mulai diluncurkan dalam beberapa bulan mendatang.