Akhir Tahun Ini, Pengguna iOS 17 dan macOS Sonoma Bisa Login di Apple ID dengan Kunci Sandi
Apple mulai mematikan kata sandi di Sistem Operasinya (OS) (foto: dok. apple)

Bagikan:

JAKARTA - Apple mulai mematikan kata sandi di Sistem Operasinya (OS), dan digantikan dengan kunci sandi. Perusahaan berencana menerapkannya saat meluncurkan iOS 17, iPadOS 17 dan macOS Sonoma akhir tahun ini.

Begitu diluncurkan, OS akan secara otomatis mengaktifkan kunci sandi ke Apple ID pengguna. Artinya, pengguna tidak perlu mengetikkan Apple ID dan kata sandi mereka lagi saat masuk ke situs web Apple.

Sebagai gantinya, pengguna cukup memindai sidik jari, wajah atau mengetikkan kode PIN untuk membuka kunci akses.

"Kunci sandi adalah entitas kriptografi yang tidak terlihat oleh Anda, dan digunakan sebagai pengganti kata sandi. Kunci sandi terdiri dari sepasang kunci, yang dibandingkan dengan kata sandi, sangat meningkatkan keamanan," ujar Apple.

"Satu kunci bersifat publik, terdaftar di situs web atau aplikasi yang Anda gunakan. Kunci lainnya bersifat pribadi, hanya dipegang oleh perangkat Anda," tambahnya.

Fitur kunci sandi sudah berfungsi di iCloud.com dan situa appleid.apple.com di web untuk pengguna yang menjalankan beta pengembang terbaru di perangkat mereka.

Untuk situs web yang mendukung kata sandi, seperti PayPal, Shopify, dan Kayak, pengguna dapat mendaftar dengan memindai kode QR di iPhone mereka.

Namun, tampaknya belum tersedia untuk semua orang. Sebab, perubahan itu baru diluncurkan dalam versi beta publik untuk iOS 17, iPadOS 17 dan macOS Sonoma.

Semua pengguna dengan Apple ID akan dapat masuk dengan kunci pas setelah pembaruan perangkat lunak dirilis ke publik September ini, seperti dikutip dari MacRumors dan TechCrunch, Kamis, 22 Juni.