SimplePractice Beri Peringatan Tentang Fitur Reaksi Video Baru dari Apple, Dapat Muncul Secara Tidak Sengaja
Ilustrasi penggunaan Facetime dari Apple. (foto: dok. pexels)

Bagikan:

JAKARTA - SimplePractice, sebuah perusahaan yang menawarkan platform telehealth, sedang memperingatkan para pasien tentang fitur reaksi video baru dari Apple yang mungkin memungkinkan orang secara tidak sengaja menambahkan emoji hati atau kembang api virtual selama panggilan video telehealth. Ini membuat situasi yang canggung.

Seperti yang ditunjukkan dalam sebuah unggahan Mastodon oleh Matt Haughey - yang mengatakan bahwa dia memiliki seorang teman yang melihat kembang api saat panggilan terapi setelah memberikan jempol sebagai respons terhadap pertanyaan dari terapisnya - SimplePractice memberi tahu pasien bahwa perangkat Apple "dapat menampilkan emoji selama panggilan video" dan bahwa SimplePractice tidak memiliki kendali atas pengaturan tersebut.

SimplePractice juga membahas reaksi tersebut dalam FAQ dan memberikan instruksi tentang cara mematikan reaksi tersebut baik di iOS maupun macOS.

Reaksi video ini adalah fitur baru yang besar untuk iOS 17 dan macOS Sonoma, yang secara resmi dirilis oleh Apple pada bulan September. Ketika reaksi diaktifkan  secara default - Anda dapat menggunakan gerakan tangan untuk membuat emoji dan animasi tertentu muncul. Misalnya, membuat bentuk hati atau menambahkan hati, sedangkan dua jempol ke atas memicu kembang api virtual. Ada delapan reaksi yang mungkin dapat diaktifkan dengan gerakan tangan.

Secara teoritis, reaksi tersebut adalah cara yang berguna untuk menambahkan sesuatu yang sedikit ekstra dalam panggilan video. Tetapi dalam situasi tertentu (seperti, misalnya, sesi terapi video atau panggilan litigasi penting), Anda mungkin tidak ingin melihat reaksi tersebut sama sekali.

Reaksi-reaksi tersebut menggunakan gerakan tangan yang relatif umum - seperti jempol tunggal ke atas, jempol ke bawah, dan dua tanda perdamaian yang berbeda juga memicu reaksi yang berbeda - sehingga mudah dimengerti bagaimana orang dapat mengaktifkan reaksi tersebut secara tidak sengaja. Dan karena reaksi-reaksi tersebut diaktifkan secara default, orang mungkin akan mengaktifkannya tanpa mengetahui bahwa itu mungkin dilakukan.

Apple sendiri tidak segera menanggapi permintaan komentar dari media tentang laporan itu.

Jika Anda ingin mematikan reaksi berbasis gerakan, berikut cara melakukannya. Pada iOS, buka aplikasi FaceTime, akses Control Center (pada iPhone Face ID, Anda dapat mengaksesnya dengan menggeser ke bawah dari sudut kanan atas, sementara pada iPhone Touch ID, geser ke atas dari bagian bawah layar), ketuk opsi "Video Effects" di Control Center, lalu ketuk "Reactions." Pada macOS Sonoma, buka aplikasi FaceTime, klik ikon FaceTime di bilah menu, lalu klik "Reactions."