Cara Mengirim Reaksi Emoji Animasi selama FaceTime di iOS 17
Cara menggunakan reaksi emoji di iOS 17 (foto: Apple)

Bagikan:

JAKARTA - Pada peluncuran iOS 17 beberapa waktu lalu, Apple menghadirkan banyak kemampuan dan fitur baru seperti kemampuan untuk mengirim pesan video di FaceTime.

Selain itu, Apple juga memperkenalkan FaceTime Reactions. Sebuah fitur yang merupakan efek animasi yang dapat muncul di layar Anda selama obrolan video.

Reaksi-reaksi yang tersedia mirip dengan reaksi yang biasa digunakan dalam iMessage bagi pengguna iPhone lainnya, seperti hati, kembang api, dan acungan jempol. 

Namun, efek animasi ini untuk panggilan video ini sedikit berbeda. Di mana Anda dapat mengaktifkannya secara manual atau menggunakan gerakan tangan. Misalnya, Anda dapat membuat bentuk hati dengan tangan dan hati merah kecil akan mulai meletus dari tengah.

Apple mengatakan bahwa  FaceTime Reactions dalam bentuk animasi 3D juga akan muncul di macOS Sonoma dan iPadOS 17. Jika Anda belum tahu cara menggunakan fitur ini, berikut ini adalah caranya.

Cara mengirim reaksi animasi di FaceTime

Cara paling mudah untuk membuat reaksi visual muncul di layar selama panggilan FaceTime adalah dengan menekan gambar Anda selama panggilan. Sebuah popup akan muncul di atas Anda, dan Anda akan melihat delapan reaksi untuk digunakan.

Anda dapat memilih jempol ke atas atau ikon jempol ke bawah untuk membuat gelembung dengan simbol masing-masing muncul di sebelah wajah Anda. 

Ketuk gambar hati dan jejak hati merah akan muncul di layar. Selain itu, Anda juga dapat memilih ikon balon atau simbol confetti untuk memicu tampilan layar berwarna-warni. Dengan setiap emoji yang Anda pilih, efek di layar akan bertahan selama beberapa detik.

Tapi, alih-alih menghadirkan reaksi secara manual, Anda juga dapat mengaktifkan efek animasi ini dengan gerakan tertentu. Misalkan, jika Anda memberikan acungan jempol ganda dengan kedua tangan, layar Anda menjadi gelap, dan Anda akan mendapatkan kembang api yang muncul di latar belakang. 

Di sisi lain, jika Anda membuat jempol ke bawah, Anda akan melihat animasi hujan mengambil alih layar. Dan, jika Anda merasa mesra dan membuat bentuk hati dengan tangan Anda, layar Anda akan menyala dengan sekelompok emoji hati di mana telapak tangan Anda berada.