Resmi Dirilis, Apple Bawa 31 Emoji Baru dan Banyak Fitur Lain ke iOS 16.4
Apple luncurkan iOS 16.4 (Foto: Emojipedia)

Bagikan:

JAKARTA - Setelah dirilis dalam versi Beta minggu lalu, Apple akhirnya merilis iOS 16.4 untuk semua pengguna. Kedatangan iOS 16.4 juga membawa banyak fitur baru yang bisa Anda gunakan. 

Salam pembaruan ini, Apple berfokus pada beberapa peningkatan utama yang mencakup pemberitahuan push web dan, tentu saja, deretan emoji baru, yang akan menambah perpustakaan emoji Anda. 

Berikut ini, VOI akan merangkum semua fitur baru yang tersedia dalam iOS 16.4 yang baru saja diluncurkan. 

Daftar Emoji Baru

iOS 16.4 menghadirkan emoji baru yang diperkenalkan dengan Unicode 15.0, yang terdiri dari 31 emoji baru yang mencakup emoji smiley baru; hewan baru, seperti rusa dan angsa; dan warna hati yang baru, seperti pink dan biru muda. 

Lihat daftar lengkap emoji baru Apple di sini:

Emoji Baru Apple untuk iOS 16.4

Pemberitahuan Push Web

Dalam iOS 16.4, Anda dapat memanfaatkan notifikasi berbasis web dari Safari. Sama seperti aplikasi lain, pengguna dapat memilih untuk menerima notifikasi dari browser web atau tidak. Misalnya, Anda dapat menerima notifikasi dari situs web, seperti laman VOI, saat artikel baru diterbitkan.

Untuk menghindari ponsel Anda dipenuhi dengan notifikasi spam, hanya situs web yang disimpan di Layar Beranda saja yang akan diberi wewenang untuk mengirim pemberitahuan push.

Isolasi Suara (Voice Isolation

Mirip seperti fitur Clear Calling di Pixel 7, fiur ini sebenarnya juga sudah menjadi fitur andalan untuk layanan iOS seperti FaceTime dan WhatsApp. Tapi, iOS 16.4 kali ini mendorong Apple untuk membawa fitur isolasi suara atau voice isolation ke panggilan telepon iPhone lainnya. 

Namun, fitur Isolasi Suara tidak akan diaktifkan secara default. Jadi, Anda harus mengaktifkannya sendiri melalui Pusat Kontrol di bawah Mode Mikrofon saat melakukan panggilan. 

Filter Mode Fokus pada Layar Always On

Saat peluncuran iPhone 14 tahun lalu, Apple membawa fitur baru bernama Always On, yang memungkinkan layar iPhone Anda tidak akan mati. 

Nah, dengan peluncuran iOS 16.4, pengguna iPhone 14 Pro dan iPhone 14 Pro Max akan dapat menambahkan filter mode Fokus ke layar selalu aktif. Ini akan mengalihkan perangkat ke mode Fokus saat menundukkan kepala. 

Animasi Apple Books

Sebelumnya, saat Anda membalik halaman dalam ebook di iPhone Anda, halaman tersebut akan bergeser ke satu sisi layar Anda atau akan hilang dan digantikan oleh halaman berikutnya. Tapi sekarang, Anda dapat memilih animasi pergantian halaman selain animasi curl yang tersedia dari Apple. 

Perbaikan Podcast

Peluncuran iOS 16.4 juga membawa perbaikan untuk Apple Podcasts. Di mana sekarang Anda dapat mengakses tab Saluran di Pustaka, yang akan menampilkan berbagai jaringan yang Anda ikuti. Ketuk setiap saluran untuk melihat acara langganan Anda dan acara lain yang diproduksi saluran tersebut. 

Arsitektur Aplikasi Smart Home

Pembaruan arsitektur rumah yang ditarik dari rilis iOS 16.2 kembali ke iOS 16.4 ini dimaksudkan untuk meningkatkan komunikasi antara aksesori rumah pintar dan perangkat Apple. 

5G Mandiri

iOS 16.4 juga akan menambahkan dukungan untuk layanan 5G Standalone, yang bertujuan untuk memberikan kecepatan yang lebih cepat saat bepergian.

Saat ini, fitur tersebut hanya ditawarkan oleh T-Mobile, tetapi secara teoritis fitur tersebut dapat mengaktifkan kecepatan hingga 3Gbps di area tertentu.

Masih banyak fitur yang dirilis untuk iOS 16.4 dari Apple. Berikut ini adalah daftar lengkap fitur tersebut:

  • 31 emoji baru yang kini tersedia di keyboard emoji
  • Notifikasi Push untuk aplikasi web ditambahkan ke Layar Utama
  • Isolasi Suara untuk panggilan seluler
  • Fitur duplikat di Foto yang dapat mendeteksi foto dan video duplikat di Perpustakaan Foto Bersama iCloud
  • Dukungan VoiceOver untuk peta di app Cuaca
  • Pengaturan aksesibilitas untuk meredupkan video secara otomatis saat kilatan cahaya atau efek strobo terdeteksi
  • Perbaikan masalah permintaan Minta Izin Pembelian dari anak-anak yang gagal muncul di perangkat orang tua
  • Mengatasi masalah di mana termostat yang kompatibel dengan Materi dapat menjadi tidak responsif saat dipasangkan ke Apple Home
  • Pengoptimalan Deteksi Kecelakaan pada model iPhone 14 dan iPhone 14 Pro