Akhirnya iOS 15,4 Bakal Meluncur Minggu Depan, Ini Fitur Terbarunya!
IOS 15.4 adalah pembaruan besar keempat untuk iOS 15.(foto: MacRumors)

Bagikan:

JAKARTA - Pengguna iPhone bersiaplah untuk iOS 15.4, pembaruan terbaru untuk perangkat lunak iOS 15 Apple. Setelah proses beta yang dimulai pada akhir Januari, iOS 15.4 hampir siap untuk dirilis minggu depan.

Sistem operasi anyar ini akan dirilis sebelum kedatangan iPhone SE (2022) dan model iPhone 13 dan iPhone 13 Pro hijau. iOS yang diperbarui tersebut juga akan tersedia untuk diunduh di iPhone saat ini yang mampu menjalankan iOS 15.

Menurut laporan yang beredar, iOS 15.4 akan memperkenalkan peringatan anti-penguntit AirTag, opsi suara netral gender untuk Siri, emoji baru, pembaruan untuk Face ID dan Universal Control yang telah lama ditunggu-tunggu.

Seperti namanya, iOS 15.4 adalah pembaruan besar keempat untuk iOS 15, yang diluncurkan dengan iPhone 13 pada September tahun lalu. Pembaruan ini, yang dimulai dengan rilis iOS 15.1 Desember lalu, telah menambahkan lebih banyak fitur ke sistem operasi iPhone Apple dan meningkatkan yang sudah ada.

iOS 15.4 akan mengikuti iOS 15.3.1, yang dirilis bulan lalu untuk menambal kerentanan keamanan di iPhone dan iPad. Jika nanti sudah tersedia, pengguna hanya perlu mengunduh sistem operasi anyar ini lewat Settings klik General pilih Software update dan klik Download and Install. Berikut penjelasan singkat fitur dan kemampuan baru yang dibawa iOS 15,4 yang dikutip dari CNET, Senin, 14 Maret.

Universal Control

Universal Control memungkinkan pengguna menggunakan perangkat lain sebagai layar kedua, memindahkan konten dengan mulus di antara perangkat tersebut hanya dengan menggunakan satu perangkat.

Fitur yang ditunggu-tunggu ini awalnya diumumkan sebagai bagian dari MacOS Monterey, tetapi telah mengalami penundaan. Universal Control telah muncul di iOS 15.4 beta, dan akan diluncurkan sebagai beta publik bersama dengan pembaruan Monterey OS 12.3 dan iPadOS 15.4.

Face ID Bisa Mendeteksi Pengguna dengan Masker

Apple memperbarui fitur Face ID-nya agar dapat digunakan saat mengenakan masker. Karena fitur ini menggunakan bagian wajah yang lebih kecil untuk memverifikasi identitas pengguna.

Namun, pengguna harus lebih teliti saat memegang ponsel dengan menggunakan Face ID. Ponsel pengguna bahkan akan meminta mereka jika perlu melihat lebih langsung ke layar. Fitur yang diperbarui seharusnya berfungsi untuk orang yang memakai kacamata juga, tetapi tidak akan berfungsi dengan kacamata hitam.

Banyak Emoji Baru yang Akan Datang

Diketahui, sebanyak 37 emoji baru akan datang di iOS 15,4, termasuk opsi baru untuk orang hamil, tangan membentuk bentuk hati, salut, emoji menggigit bibir, termasuk wajah meleleh, wajah menahan air mata, sarang burung, karang, teratai, baterai rendah dan kacang merah.

Fitur lain yang disertakan dalam pembaruan adalah kemampuan untuk menyalin teks dari objek menggunakan kamera saat berada di aplikasi Notes atau Reminders. Terakhir, iOS 15.4 juga diklaim akan memperbaiki bug yang terkait dengan rekaman interaksi Siri.