Di iOS 16 Kamera iPhone Kini Bisa Langsung Terjemahkan Teks, Ini Caranya!
Foto: Dok. Apple

Bagikan:

JAKARTA - Apple telah lama memperkenalkan Translation di iOS 14. Sejak saat itu, perusahaan terus berinvestasi lebih banyak dalam fitur di aplikasi tersebut.

Dengan meluncurnya iOS 16, Apple akhirnya menambahkan kemampuan Translation ke dalam aplikasi Camera di iPhone.

Cara kerja Translation langsung di iOS 16 cukup sederhana, berikut cara menggunakannya yang dikutip dari Know Your Mobile, Minggu, 2 Oktober.

1. Buka aplikasi Camera dan arahkan ke objek yang memiliki teks yang ingin Anda terjemahkan. Bisa berupa buku, situs web di layar laptop, menu di restoran, tanda jalan.

2. Setelah diarahkan, tunggu sampai Anda melihat sudut persegi panjang kuning muncul di sekitar teks. Ketika Anda melihatnya, Anda akan menemukan tombol teks tangkap telah muncul di layar kamera, kemudian ketuk itu. Ini akan membekukan gambar teks sementara di layar kamera Anda.

3. Pilih bagian mana pun dari teks yang ingin Anda terjemahkan. Cara kerja ini sama seperti Anda memilih teks di tempat lain di iOS.

4. Di bar alat yang muncul, ketuk panah hingga Anda melihat tombol Translation, lalu ketuk.

5. Sebuah lembar akan meluncur ke atas yang menunjukkan terjemahan dari bahasa default ke bahasa lain. Anda kemudian dapat memilih untuk menyalin teks yang diterjemahkan atau bahkan membukanya di aplikasi Translation.

6. Di bar alat yang muncul, ketuk panah hingga Anda melihat tombol Translation, lalu ketuk. Sebuah lembar akan meluncur ke atas yang menunjukkan terjemahan dari bahasa default ke bahasa lain.

7. Pilih Change Language. Di layar berikutnya, ketuk bahasa yang Anda inginkan untuk menerjemahkan teks.

8. Klik tombol X pada layar pemilihan bahasa. Sekarang Anda akan melihat teks yang dipilih diterjemahkan ke dalam bahasa yang Anda pilih.