Apa Itu iPhone HDC? Kenali Perbedaannya dengan yang Ori
Ilustrasi iPhone HDC (Pixabay)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Para pengguna smartphone Apple mungkin sudah tidak asing lagi dengan pertanyaan apa itu iPhone HDC. Secara sederhana, HDC merupakan ponsel tiruan yang bentuk fisiknya mirip iPhone tapi operating system-nya menggunakan Android.

Tak perlu disangkal lagi, bahwa iPhone adalah smartphone yang paling populer di dunia. Kendari dijual dengan harga yang sangat mahal, peminat iPhone tak pernah surut.

Hal ini dibuktikan dari riset yang dilakukan oleh perusahaan analis teknologi terkemuka, Counterpoint Research. Pada 2021, mereka merilis daftar 10 smartphone yang paling laris dunia.

Menurut laporan Counterpoint, ada 4.200 lebih model smartphone yag aktif di dunia sepanjang tahun 2021, dan iPhone menjadi ponsel paling laris di dunia untuk periode tersebut. Dari daftar 10 besar tersebut, tujuh di antaranya adalah ponsel iPhone.

Kepopuleran iPhone kemudian dimanfaatkan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab. Mereka membuat iPhone palsu dan menjualnya dengan harga miring. Akan tetapi, membeli iPhone HDC sangat tidak direkomendasikan karena produknya memiliki banyak kekurangan.

Oleh sebab itu, sangat penting untuk mengetahui apa itu iPhone HDC dan perbedaannya dengan iPhone original.

Apa itu iPhone HDC?

Pernahkan Anda melihat produk iPhone tapi aplikasinya berasal dari Google Play Store? Jika pernah, produk tersebut merupakan iPhone HDC.

HDC atau Handphone Copy Draw adalah ponsel tiruan yang memiliki fisik menyerupai produk originalnya dan menggunakan sistem operasi yang sangat berbeda. Mayoritas produk HDC yang diminati adalah iPhone. Mengapa?

Pasalnya, iPhone adalah salah satu ponsel premium yang dijual dengan harga mahal serta dibekali dengan fitur-fitur canggih. Selain itu, iPhone juga dianggap dapat meningkatkan derajat seseorang. Itulah alasan mengapa kebanyakan ponsel tiruan adalah produk iPhone.

Ciri-Ciri Iphone HDC dan perbedaannya dengan yang Ori

Ciri-ciri ponsel iPhone tiruan biasanya terlihat dari fitur-fitur dan aplikasi yang digunakan.

Dihimpun VOI dari berbagai sumber, Jumat, 30 September 2022, berikut ciri-ciri iPhone HDC dan perbedaannya dengan yang original.

  1. Tidak Menggunakan Sistem Operasi iOS

Iphone HDC memiliki tampilan antar muka yang sangat mirip dengan iPhone versi asli. Akan tetapi, sistem operasinya menggunakan Android. Hal ini bertentangan dengan perangkat originalnya, di mana iPhone selalu menggunakan operating system iOS.

  1. Tidak Memiliki App Store

Ciri kedua iPhone HDC adalah tidak dibekali layanan App Store. Padahal, App Store adalah toko aplikasi yang dikembangkan dan dikelola Apple Inc.

Ilustrasi Ponsel iPhone
Ilustrasi ponsel iPhone (Pexels)

Sedianya, App Store dan iTunes terdapat di iPhone HDC. Akan tetapi, jika dibuka, Anda akan tersambung ke Google Play Store yang notabene adalah toko aplikasi yang ada di ponsel Android.

  1. Memiliki Slot Kartu MicroSD

Perlu diketahui, semua seri iPhone yang pernah dikelyarkan oleh Apple tidak pernah ditemukan slot microSD. Apabila Anda menemukan hal tersebut, bisa dipastikan bahwa produk tersebut merupakan iPhone HDC.

  1. Dijual dengan Harga Murah

iPhone HDC biasanya dijual dengan harga yang sangat murah, yakni sekitar Rp2 jutaan saja. Berdasarkan pantauan VOI di salah satu marketplace, harga iPhone 13 ProMax HDC dibanderol sekitar Rp2 juta-Rp3 juta.

Harga ini tentu jauh lebih murah ketimbang iPhone 13 Pro Max asli yang dijual di distributor resmi yang menjual produk resmi Apple di Indonesia. Di platform tersebut, iPhone 13 Pro Max dijual seharga hampir Rp20 juta.

Demikianlah informasi soal apa itu iPhone HDC beserta perbedaanya dengan iphone versi asli. Semoga bermanfaat.