Bagikan:

JAKARTA - Opera baru saja mengumumkan peluncuran Virtual Private Network (VPN) bawaan gratis baru untuk pengguna iPhone. Dengan perluasan ini, layanan tersebut tersedia di semua sistem operasi (OS), termasuk Mac, Windows, Linux, Android dan sekarang iOS.

"Kami telah menginvestasikan banyak waktu dan upaya untuk mengembangkan fitur ini, dan kami sangat senang menghadirkan alat penting ini kepada pengguna iOS untuk melindungi keamanan dan privasi online mereka," ujar VP Mobile di Opera, Jørgen Arnesen.

Untuk mengakses VPN Opera, pengguna tidak perlu membuat akun untuk menggunakan fitur tersebut dan dapat diakses pengguna secara gratis.

Selain itu, Opera mengatakan tidak akan mengumpulkan informasi pribadi atau data yang berkaitan dengan kebiasaan menjelajah pengguna di internet atau alamat IP mereka.

Bahkan, layanan ini tidak memerlukan ekstensi tambahan apa pun untuk digunakan. Setelah pengguna mengaktifkan fitur di menu utama, lalu lintas VPN Opera akan dienkripsi, dan alamat IP bersifat pribadi.

Aplikasi tersebut juga menawarkan pemblokir iklan bawaan plus Pencegahan Pelacakan Cerdas Apple, yang memblokir cookie pelacakan pihak ketiga dan dialog cookie.

Hadir juga Perlindungan Cryptojacking Opera, yang melindungi pengguna dari pembajakan sumber daya perangkat mereka untuk penambangan kripto. Layanan VPN gratis sekarang akan melengkapi paketnya, memberikan perlindungan kepada pengguna saat mereka menjelajahi internet.

Tidak hanya layanan VPN, Opera Browser untuk iOS juga menambahkan fitur Bookmarks dan fungsi Skor Langsung baru di beranda browser, sehingga pengguna dapat melihat papan skor pertandingan terbaru.

Langkah Opera tentu saja berbeda dengan pesaingnya Google yang juga memperluas alat VPN-nya sendiri ke pengguna desktop di Mac dan PC, setelah meluncur di iOS dan Android, seperti dikutip dari TechCrunch, Kamis, 13 April.

Tetapi, VPN Google hanya tersedia untuk pelanggan berbayar di paket Google One Premium-nya. Sementara fitur VPN Opera akan mulai diluncurkan hari ini, dan peluncuran ke semua penggunanya akan berlangsung selama beberapa minggu ke depan.