Google Bakal Beri Kemampuan Play Store untuk Sinkronkan Aplikasi di Berbagai Ponsel Android
Google dilaporkan sedang mengerjakan fitur untuk membantu orang yang memiliki banyak ponsel Android.. (foto: dok. istimewa)

Bagikan:

JAKARTA - Google dilaporkan sedang mengerjakan fitur untuk membantu orang yang memiliki banyak ponsel Android, dengan menghadirkan sinkronisasi aplikasi multi-perangkat baru untuk Play Store.

Mengutip tweet dari Twitter AssembleDebug sebagai tanggapan atas Artem Russakovskii, Google terlihat sedang menguji opsi untuk menyinkronkan aplikasi di semua ponsel Android.

Artinya, pengguna tidak perlu lagi menginstal setiap aplikasi secara manual di setiap ponsel yang dimiliki, baik itu baru maupun lama. Namun, fitur tersebut belum tersedia untuk semua orang saat ini.

Tetapi pengguna bisa memastikan apakah ia ikut dalam uji coba fitur itu dengan membuka bagian Kelola aplikasi dan perangkat Play Store, melalui menu pengalih akun di sudut kanan atas aplikasi.

Kemudian klik Sinkronkan aplikasi ke perangkat, setelahnya pengguna akan diberikan daftar yang mencantumkan semua ponsel Android yang saat ini login pada akun Google, atau pengguna bisa membatalkannya.

Nantinya akan muncul catatan, “Aplikasi yang Anda pasang di perangkat ini juga akan dipasang di perangkat Anda yang disinkronkan".

Dengan menggunakan fitur sinkronisasi aplikasi Play Store ini, pengguna akan dapat memasang aplikasi dari jarak jauh di berbagai ponsel Android mereka.

Fitur tersebut sangat bagus untuk orang yang memiliki banyak ponsel dan tidak ingin melalui proses yang membosankan untuk menginstal aplikasi secara manual sendiri.

Meski begitu, ini bukan fitur anyar yang baru diluncurkan Google, karena sudah ada sebelumnya untuk tablet, TV, dan perangkat yang dapat dikenakan, seperti dikutip dari Wccftech, Senin, 27 Maret. Perlu dicatat, fitur sinkronisasi tidak berlaku untuk pembaruan aplikasi.

Sebagai informasi, fitur Google itu mirip dengan cara iOS menangani penginstalan aplikasi secara default. Pada dasarnya disinkronkan di iPhone, iPad, dan Apple Watch, di mana pengguna dapat menginstal aplikasi favorit mereka di seluruh perangkat.