Begini Langkah Mudah Ubah Negara Anda di Google Play Store
Mengubah wilayah di play store (foto: Unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Google Play Store, platform distribusi digital yang dikembangkan oleh Google sejak tahun 2008 ini telah menjadi pasar Android yang paling digemari oleh pengguna Android. 

Semua produk digital mulai dari gim, aplikasi, hingga buku semua lengkap ada di sana. Selain itu, menggunakan Play Store juga sangat mudah. Anda hanya cukup buka aplikasinya dan kemudian cari produk yang Anda inginkan, dan unduh. 

Google Play Store biasanya menyesuaikan lokasi dengan negara yang Anda tempati saat ini. Dan Google Play juga akan menampilkan aplikasi yang berbeda di berbagai negara, karena wilayah sering mengizinkan atau memblokir akses ke aplikasi tertentu.

Namun, bagaimana jika Anda ingin mengubah wilayah atau negara di Google Play Store? Ikuti langkah-langkah di bawah ini di perangkat Android Anda untuk mengubah negara Play Store Anda:

Cara Mengubah Wilayah atau Negara di Google Play Store

  1. Buka aplikasi Play Store.
  2. Ketuk gambar profil Anda di kanan atas layar, lalu pilih Pengaturan .
  3. Pilih Umum, lalu pilih Preferensi Akun dan perangkat
  4. Di bagian Negara dan profil, Anda akan melihat nama Anda di bawah negara Play Store Anda saat ini. Jika ponsel Anda mendeteksi bahwa Anda saat ini berada di negara lain, Anda akan melihat opsi Beralih ke [wilayah] Play Store di bawah. (Tapi jika opsi ini tidak muncul, lihat di bawah untuk info lebih lanjut). 
  5. Di bawah header Beralih ke [wilayah] Play Store, ketuk salah satu opsi untuk menambahkan metode pembayaran untuk negara baru Anda. Ini akan bervariasi menurut wilayah. 
  6. Saat Anda mengetuk metode baru, peringatan akan muncul. Tinjau prompt peringatan dan tekan Lanjutkan jika Anda setuju.
  7. Lanjutkan melalui petunjuk untuk menambahkan metode pembayaran baru untuk negara tujuan pengalihan Play Store Anda.

Google mencatat, bahwa setelah berpindah negara, Anda memerlukan waktu hingga 48 jam untuk memperbarui wilayah Anda. 

Mohon dicatat bahwa opsi untuk mengubah negara Play Store Anda tidak akan muncul untuk semua orang. Itu hanya muncul jika Anda sebelumnya berada di negara yang berbeda dari Anda sekarang.

Ini berarti Anda tidak bisa begitu saja mengalihkan Play Store ke negara manapun yang Anda inginkan. Mungkin Anda bisa menggunakan VPN Android terlebih dahulu untuk mengubah lokasi Anda. 

Akibat Mengubah Wilayah atau Negara di Google Play Store 

Perlu diperhatikan bahwa jika Anda memutuskan untuk mengubah wilayah Anda, Anda tidak akan dapat menggunakan Saldo Google Play yang ada di negara lama untuk digunakan di negara baru. Anda juga akan kehilangan akses ke beberapa buku, film, acara TV, gim, dan aplikasi.