Ini Dia 10 Aplikasi Android Populer di Google Play Store!
Aplikasi populer Android masih didominasi aplikasi lama (foto: dok. Pixabay)

Bagikan:

JAKARTA - Bagi pengguna Android, Google Play Store adalah tempat Anda untuk mendapatkan berbagai macam aplikasi. Mulai dari aplikasi perpesanan, sosial media, hingga gim semua ada di sana.

Android Rank merupakan sebuah layanan yang didirikan sejak pada tahun 2011. Layanan mereka bertugas untuk mengumpulkan data pasar, peringkat popularitas pada aplikasi android, pengembang, dan sejarah aplikasi.

Android Rank merupakan layanan tertua yang menyediakan data riwayat dan daftar aplikasi di Google Play. Android Rank menyediakan statistik, peringkat aplikasi Android, dan tinjauan peringkat aplikasi berdasarkan data publik Google Play.

Berdasarkan pantauan VOI dari data yang ada di Android Rank per hari ini, berikut adalah 10 aplikasi Android populer di Google Play Store.

WhatsApp

WhatsApp merupakan aplikasi perpesanan online yang telah dirilis sejak 2011 silam. Meskipun sudah banyak aplikasi perpesanan lain, nyatanya WhatsApp masih menjadi yang paling populer.

Tentu saja ini juga dikarenakan oleh pembaruan-pembaruan yang terus ditingkatkan oleh perusahaan yang kini dikenal sebagai Meta. Baru-baru ini WhatsApp juga sedang banyak menguji coba fitur baru ke penguji beta.

YouTube

YouTube adalah situs web berbagi video yang dibuat oleh tiga mantan karyawan PayPal pada Februari 2005. Situs web ini memungkinkan pengguna mengunggah, menonton, dan berbagi video.

Tidak hanya itu, karena kemajuan teknologi dan zaman, sekarang semua konten kreator YouTube dapat menghasilkan uang dari video yang mereka unggah dengan cara monetisasi.

Instagram

Instagram adalah aplikasi berbagi foto dan video yang memungkinkan pengguna mengambil foto, mengambil video, menerapkan filter digital, dan membagikannya. 

Meskipun aplikasi dari Meta ini tidak jarang menuai kritik dari pengguna, tampaknya Instagram masih menjadi aplikasi yang populer di kalangan pengguna Android. Belakangan ini Instagram sedang gencar-gencarnya menghadirkan fitur untuk bersaing dengan TikTok.

Facebook

Aplikasi populer berikutnya masih dari produk Meta. Facebook adalah sebuah jejaring sosial yang sudah berdiri sejak 2004. Meskipun sudah berdiri 18 tahun, ternyata aplikasi ini masih belum kehilangan popularitasnya.

Baru-baru ini, Facebook membagikan pembaruan tentang rencananya yang telah lama ditunggu-tunggu yaitu untuk mengaktifkan enkripsi ujung ke ujung (end to end encryption) secara default di platform obrolan Messenger-nya.

Garena Free Fire 

Garena Free Fire atau biasa disebut Free Fire (FF) adalah permainan battle royale online yang dikembangkan oleh 111 Dots Studio dan diterbitkan oleh Garena untuk Android dan iOS. 

Meskipun baru dirilis secara global pada tahun 2019, gim ini juga sudah menjadi gim populer. Free Fire juga menjadi cabang olahraga esports yang turut disertakan dalam berbagai acara. Terakhir, FF menjadi cabang esports yang diikutkan di SEA Games.

Messenger

Messenger adalah aplikasi dan platform perpesanan Amerika. Sebelum diluncurkan, pengguna Facebook dapat secara langsung berkirim pesan melalui aplikasinya. Namun, sekarang jika Anda ingin bertukar pesan, Anda harus menggunakan aplikasi Messenger.

Clash Of Clans

Clash of Clans adalah permainan video strategi seluler freemium yang dikembangkan dan diterbitkan oleh pengembang Supercell. Permainan ini dirilis untuk platform iOS pada 2 Agustus 2012, dan di Google Play untuk Android pada 7 Oktober 2013.

TikTok

TikTok, sebuah jaringan sosial dan platform video musik China yang diluncurkan pada September 2016 oleh ByteDance ini telah menjadi aplikasi populer belakangan ini. Saking populernya, banyak aplikasi yang mencoba untuk meniru fitur yang ada di TikTok.

Adapun aplikasi yang mencoba untuk menyaingi TikTok adalah Instagram yang meluncurkan fitur Reels dan YouTube yang juga menghadirkan Shorts-nya. Baru-baru ini TikTok meluncurkan alat baru yang memungkinkan penggunanya membagikan cerita TikTok ke Facebook dan Instagram. 

Google Photos

Google Foto adalah sebuah layanan penyimpanan dan berbagi foto online yang dikembangkan Google. Layanan ini sudah diluncurkan sejak 2015, yang dapat menyimpan hingga file hingga 15 GB. 

PUBG Mobile

Selain Garena Free Fire, permainan battle royale gratis PUBG Mobile juga menjadi permainan populer di Android. PUBG Mobile merupakan adaptasi permainan piranti genggam dari PlayerUnknown's Battlegrounds yang dirilis untuk Android dan IOS pada 19 Maret 2018.

Selain itu, PUBG Mobile juga menjadi cabang esports yang diikutkan dalam berbagai acara. Seperti FF, PUB Mobile juga diikut sertakan dalam SEA Games.a

Google Chrome

Google Chrome adalah peramban web lintas platform yang dikembangkan oleh Google. Chrome dirilis pertama kali pada tahun 2008 untuk Microsoft Windows, kemudian diporting ke Android, iOS, Linux, dan macOS yang menjadikannya sebagai peramban bawaan dalam sistem operasi.