Google Luncurkan Aplikasi Read Along versi Desktop Agar Orang Tua Lebih Mudah Ajarkan Anaknya Membaca
Google luncurkan aplkikasi Read Along versi Desktop. (foto: ary julianto/voi)

Bagikan:

JAKARTA – Lewat kemampuan teknologi, kini orang tua akan lebih mudah mengajarkan anak-anaknya untuk membawa. Google telah merilis versi browser dari aplikasi Android "Baca Bersama" (Read Along). Situs web ini, saat masih dalam versi beta, sudah aktif dan berjalan hingga kini.

Dilaporkan The Verge, Situs ini mencakup ratusan cerita bergambar pada beberapa tingkat membaca yang berbeda. Setelah anak-anak memilih sebuah cerita, mereka mulai membacakan ke mikrofon perangkat mereka.

Kata-kata disorot dengan warna biru setelah mereka membacanya, dan kata-kata yang salah diucapkan digarisbawahi dengan warna merah; klik kata yang digarisbawahi, dan asisten virtual, Diya, akan mengucapkannya untuk Anda.

Mungkin ada matematika yang terlibat dalam beberapa cerita ini, namun hanya sebagai peringatan.

Menurut Google, browser yang didukung aplikasi ini adalah  Chrome, Firefox, dan Edge, sementara yang lain (termasuk Safari) akan segera hadir. Cerita juga tersedia dalam bahasa Inggris, Hindi, Gujarati, Bengali, Telugu, Marathi, Tamil, Spanyol, dan Portugis.

Google juga telah menambahkan cerita baru ke koleksi Read Along, yang akan tersedia akhir tahun ini dalam versi web dan Android. Ini termasuk adaptasi konten dari pembuat video anak-anak USP Studios dan ChuChu TV, serta buku alfabet dan fonetik dari perusahaan pendidikan Kutuki.

Aplikasi Android Read Along telah digunakan oleh lebih dari 30 juta anak sejak diluncurkan pada 2019. Perpindahan ke desktop tidak hanya akan memberikan lebih banyak pilihan perangkat kepada anak-anak, tetapi juga memungkinkan banyak orang untuk membaca di layar yang lebih besar.

Ini adalah sesuatu yang telah dicatat oleh guru sebagai hal yang penting bagi pelajar muda, terutama mereka yang memiliki gangguan penglihatan.