Google Atasi Masalah File yang Hilang dengan Perbarui Aplikasi Google Drive di Desktop
Google hadirkan pembaruan aplikasi Google Drive versi desktop (foto: dok. unsplash)

Bagikan:

 

JAKARTA – Beberapa waktu lalu pengguna Google Drive versi aplikasi di desktop mengeluhkan masalah file yang hilang. Masalah ini akhirnya diperbaiki oleh Google lewat versi yang diperbarui.

Melalui situs web Pusat Bantuan Google, Pegawai Google Drive, Saitej, mengatakan bahwa masalah ini bisa dicegah dengan memperbarui aplikasi. Pastikan untuk mengganti aplikasi Drive dengan versi 84.0.0.0 hingga 84.0.4.0 ke versi yang paling baru.

Namun, jika Anda merupakan korban dari file yang hilang, Google memberikan dua metode yang dianggap bisa memulihkan file. Dua metode ini berkaitan dengan pencadangan dan perintah di baris interface.

Pertama, pengguna wajib memperbarui aplikasi ke versi terbaru, yaitu 85.0.13.0, sesuai dengan jenis sistem perangkatnya. Google menghadirkan unduhan yang berbeda untuk sistem Windows dan macOS sehingga pastikan versi yang Anda unduh sudah benar.

Setelah diperbarui, buka aplikasinya dan klik ikon Drive di bilah menu. Berikutnya, tampilkan menu Pulihkan dari Cadangan dengan mengeklik menu Setting sambil menahan tombol Shift di keyboard.

Saat menu Pulihkan dari Cadangan diklik, Anda akan melihat notifikasi seperti pemulihan telah dimulai atau tidak ada cadangan yang ditemukan. Jika file masih ada, pengguna bisa mencari dan memulihkan file yang diinginkan.

Sementara itu, metode kedua adalah sistem pemulihan dengan perintah baris interface. Pengguna yang tidak paham cara mengoperasikan perintah di perangkat mereka tidak akan bisa menggunakan metode ini.

Untuk melihat detail bantuan dengan perintah yang lebih jelas, Anda bisa mengunjungi situs web Pusat Bantuan Google. Metode ini dibuat khusus untuk pengguna yang memiliki cadangan direktori akun untuk desktop di lokasi lain atau ingin memulihkan file ke lokasi tertentu.

Terkait