Google Tambahkan Gemini Nano ke Pixel 8 Pro
 Pixel 8 Pro mulai jalankan Gemini Nano (foto: twitter @Google)

Bagikan:

 

JAKARTA – Google mengumumkan bahwa mereka menambahkan Gemini Nano ke Pixel 8 Pro. Model Kecerdasan Buatan (AI) yang paling efisien ini mulai dijalankan pada Kamis, 7 Desember.

Wakil Presiden Manajemen Produk Pixel, Brian Rakowski, mengatakan bahwa Pixel 8 Pro adalah perangkat pertama yang menggunakan model AI ini. Perangkat ini akan mengoperasikan Gemini Nano dan Tensor G3 secara bersamaan.

Dengan hadirnya Gemini Nano, Pixel 8 Pro kini bisa merangkum di aplikasi Perekam. Pengguna bisa mendapatkan ringkasan dari hasil percakapan, wawancara, hingga presentasi yang direkam. Fitur ini bisa dioperasikan secara online dan offline.

Dukungan berikutnya dari Gemini Nano adalah Smart Reply di Gboard. Fitur ini akan membantu pengguna menghemat waktu dalam memberikan respons ke lawan bicara di berbagai aplikasi.

Saat ini, fitur Smart Reply baru tersedia di WhatsApp. Setiap kali pengguna mendapatkan pesan dan berniat membalas, Gboard yang muncul akan memberikan rekomendasi. Pengguna bisa memilih untuk memakai rekomendasi teksnya atau tidak.

Selain dukungan fitur, Gemini Nano juga mampu memaksimalkan keamanan dan penggunaan aplikasi di Pixel 8 Pro. Model AI ini bisa mempercepat Pengalaman Generatif Penelusuran (SGE) di perangkat Google.

Model AI Gemini hadir dalam tiga ukuran, yaitu Ultra, Pro, dan Nano. Dari tingkatan ini, bisa disimpulkan bahwa Gemini Nano adalah model paling efisien dan paling kuat dibandingkan ukuran lainnya.