Bagikan:

JAKARTA – Pada Rabu, 6 Desember, Google meluncurkan model Kecerdasan Buatan (AI) Gemini Nano. Model ini resmi ditambahkan ke Google Pixel 8 Pro untuk mendukung aplikasi Perekam.

Dengan hadirnya Gemini Nano, pengguna Pixel 8 Pro bisa meringkas hasil rekaman suara dengan mudah. Mereka bisa memanfaatkan fitur ini saat menghadiri sebuah diskusi, wawancara, hingga presentasi.

Dari laporan 9to5google, fitur ringkasan sudah muncul dalam pembaruan versi 4.2.20231031.x. Namun, kemampuan baru dari Gemini Nano ini memiliki beberapa kekurangan yang masih harus ditangani oleh Google.

Pertama, pembaruan ini memerlukan kapasitas yang cukup memberatkan karena Large Model Language (LLM) untuk meringkas dan menghasilkan transkrip. Pembaruan ini memerlukan lebih dari 1GB data seluler.

Berikutnya, transkrip ini memiliki batasan waktu yang tidak dijabarkan. Saat pengguna menekan tombol Ringkasan di aplikasi Perekam, mereka harus memperkirakan apakah rekaman mereka berdurasi panjang.

Jika rekaman terlalu panjang, Perekam akan memberikan peringatan bahwa Transkrip terlalu panjang. Di bawah peringatan tersebut, ada penjelasan yang bertuliskan, “Ringkasan berfungsi paling baik dengan transkrip berdurasi sedang.”

Perlu diketahui bahwa fitur ini baru diluncurkan dan belum diperluas secara global. Hanya orang tertentu yang bisa mendapatkan versi terbaru dari aplikasi Perekam dan mendapatkan fitur ringkasan dari Gemini Nano.