Bagikan:

JAKARTA - Dalam pengumuman Apple tentang fitur Apple Intelligence pada WWDC24, perusahaan tersebut memperkenalkan kemampuan baru yang memungkinkan perekaman, transkripsi, dan ringkasan panggilan telepon menggunakan AI. Jika Anda merasa iri karena fitur seperti itu belum tersedia di Android, ada kabar baik: fitur serupa mungkin akan hadir pada Google seri Pixel 9 pada bulan Agustus mendatang.

Menurut Dylan Roussel di X, Google kemungkinan sedang mengembangkan fitur berbasis AI yang disebut "Call Notes." Roussel menggambarkan fitur ini sebagai "perekaman dan transkripsi panggilan," meskipun ia tidak menyebutkan ringkasan.

Mengingat betapa miripnya fungsionalitas yang dikabarkan dari Call Notes dengan apa yang sudah tersedia di aplikasi Recorder, sangat mungkin bahwa fitur ringkasan berbasis AI juga akan disertakan.

Faktanya, tidak mengejutkan jika semua ini terjadi di perangkat. Dengan Google Pixel 8 Pro (dan Google Pixel 8 atau Pixel 8a dengan Gemini Nano diaktifkan), Anda dapat menggunakan Recorder untuk merekam percakapan nyata dan kemudian mendapatkan transkrip lengkap beserta ringkasan singkat dari isinya—semuanya tanpa koneksi internet. Jadi, ide dasar dari Call Notes sudah ada di seri Pixel 8—hanya saja, belum bekerja untuk panggilan telepon.

Mengingat bahwa seri Pixel 8 sudah mampu melakukan feat ini, tidaklah aneh jika Call Notes juga akan tersedia di ponsel-ponsel tersebut. Namun, Google kemungkinan akan menjaga fitur ini sebagai eksklusif Pixel 9 pada awalnya. Public akan mengetahui dengan pasti pada 13 Agustus, ketika Google secara resmi meluncurkan Pixel 9, Pixel 9 Pro, Pixel 9 Pro XL, dan Pixel 9 Pro Fold.