Proton Meluncurkan Aplikasi Proton Drive Windows, Apa Saja Keunggulannya?
Proton Drive Windows resmi diluncurkan (foto: Proton)

Bagikan:

JAKARTA - Proton, salah satu perusahaan privasi terdepan di dunia meluncurkan aplikasi Proton Drive Windows, yang memungkinkan pengguna untuk mencadangkan file secara otomatis dari perangkat Windows ke layanan cloud terenkripsi end-to-end milik Proton. 

"Hari ini, kami dengan gembira mengumumkan langkah kami selanjutnya menuju internet yang lebih baik ini dengan peluncuran aplikasi Proton Drive Windows yang telah lama ditunggu-tunggu," tulis Founder sekaligus CEO Proton, Andy Yen dalam pengumumannya, Rabu, 12 Juli. 

Dengan aplikasi Proton Drive Windows, Proton menjamin kemudahan pengguna untuk menyinkronkan file dan foto, serta memungkinkan Anda untuk mengaksesnya dari perangkat apa pun. 

Enkripsi Proton Drive ini tidak hanya mencakup konten file saja tetapi juga metadatanya, termasuk nama file dan folder, ukuran file, tanggal upload, dan banyak lagi.  

Selain itu, aplikasi Proton Drive Windows akan memudahkan Anda untuk mengunggah dan mengunduh file ke cloud, serta menyinkronkan semuanya. Tidak seperti layanan penyimpanan cloud desktop lainnya yang hanya dapat menyinkronkan folder Desktop, Dokumen, Unduhan, Gambar, atau Musik, Proton Drive memungkinkan Anda menyinkronkan folder apa pun di komputer Anda tanpa batasan. 

Nantinya, semua file dalam folder yang dipilih akan secara otomatis disinkronkan ke cloud dan dapat diakses dengan mudah di aplikasi Drive di bawah bagian Komputer. 

"Dengan fitur riwayat versi Proton Drive, jika menjadi korban serangan ransomware, Anda akan dapat memulihkan file dengan mudah," ujar Yen lebih lanjut. 

Anda sekarang sudah dapat mengunduh dan menggunakan aplikasi Proton Drive Windows dengan Windows 10 dan 11. Di sisi lain, Proton juga sedang menguji Proton Drive dalam versi beta untuk aplikasi desktop macOS.