Bagikan:

JAKARTA – File yang tidak mau terbuka di perangkat Windows merupakan masalah yang umum terjadi. Biasanya, file seperti dokumen maupun JPG tidak bisa terbuka karena rusak atau adanya masalah pada perangkat.

Ada banyak faktor yang membuat file JPG tidak mau terbuka. Jika hal ini sedang terjadi di perangkat Anda, ada beberapa perbaikan yang bisa Anda lakukan. Berikut ini beberapa tindakan perbaikan yang bisa dilakukan, dilansir dari Makeuseof.

Pastikan Ekstensinya Sudah Benar

Jika sebelumnya file dengan ekstensi JPG bisa dibuka tanpa masalah, Anda mungkin telah mengubah format ekstensinya tanpa sengaja. Hal ini sering terjadi saat pengguna ingin mengubah nama file, tetapi tidak sengaja mengubah format ekstensinya.

Pastikan bahwa file yang ingin dibuka menggunakan ekstensi '.jpg' di bagian akhir namanya. Anda tidak boleh memberikan jeda spasi di antara nama file dan keterangan 'jpg'. Jika diberikan spasi atau tidak memiliki tanda titik, file tidak akan bisa terbuka.

Periksa Apakah File Rusak

Cara berikutnya yang perlu Anda lakukan adalah memeriksa apakah file tersebut rusak. Untuk mengetahuinya, Anda memerlukan perangkat lain untuk membuka file, membuka file dari aplikasi tertentu, atau mengakses file dari situs web.

Anda bisa mengunggah file tersebut ke Google Drive, setelah itu buka file-nya jika sudah terunggah. Tindakan lain yang bisa Anda lakukan adalah dengan memindahkan file tersebut ke perangkat lain seperti ponsel, lalu periksa apakah file tersebut bisa dibuka.

Perbarui Aplikasi Foto

File JPG Anda mungkin tidak mau terbuka karena aplikasi Microsoft Photos yang digunakan bermasalah. Untuk mengatasi masalah ini, Anda perlu memeriksa apakah Microsoft telah meluncurkan versi terbaru dari aplikasi fotonya.

Caranya mudah, Anda hanya hanya perlu mengeklik kanan pada menu Start, lalu pilih Aplikasi yang Diinstal. Setelah itu, masukan nama aplikasi di bilah pencarian, klik menu titik tiga di sampingnya, pilih Opsi Lanjutan, lalu klik tombol Perbaiki.