Bagikan:

JAKARTA - Google mengumumkan beberapa fitur baru yang akan hadir ke Google Classroom dan Google Meet, guna meningkatkan efektivitas dan efisiensi belajar mengajar, dimanapun mereka berada. 

"Di Google for Education, kami terus mengembangkan produk dan alat baru untuk membantu siswa dan guru meningkatkan efektivitas dan efisiensi dalam belajar dan mengajar, di mana pun lokasi mereka serta bagaimanapun mereka melakukannya," tulis Google dalam situs resminya, dikutip Rabu, 5 Juli. 

Adapun beberapa fitur baru akan diluncurkan ke Classroom dan Meet itu adalah:

Google Classroom

Di Google Classroom, raksasa penelusuran itu akan meluncurkan fitur Read Along, untuk memudahkan guru membantu siswa mengasah kemampuan literasi melalui aktivitas membaca. Aplikasi baru ini diklaim akan mempermudah guru dalam menjalankan sistem pembelajaran terdiferensiasi dan mendapatkan insight tentang progres perkembangan siswa. 

Selain itu, ada juga fitur set latihan, yang akan memungkinkan guru untuk dapat memberi setiap siswa perlakuan yang lebih relevan dengan menambahkan materi sendiri maupun menggunakan materi siap pakai yang disarankan dengan bantuan AI. 

Saat membuat tugas dengan video YouTube, guru akan dapat menyisipkan pertanyaan interaktif untuk menguji pemahaman siswa saat menonton. Versi beta fitur ini akan segera hadir dalam bahasa Inggris.

Lebih lanjut, dalam beberapa bulan mendatang, Google Classroom juga akan mendapatkan fitur Classroom Analytics, yang dimaksudkan untuk membantu para pemimpin pendidikan mendukung guru dan siswa dengan berbagai cara baru serta membuka lebih banyak peluang kolaborasi. 

Google Meet

Tidak hanya di Classroom, Google juga meluncurkan fitur baru untuk Meet. Di mana nantinya di Meet, tile pairing akan memungkinkan dua orang akan disoroti saat salah satunya berbicara. Misalnya seorang presenter dipasangkan dengan penerjemah bahasa isyarat. 

Google juga menambahkan fitur tanya jawab dan polling ke livestream untuk mempermudah interaksi dengan audiens yang lebih besar. Sementara itu, di Education Plus, kami meningkatkan jumlah maksimal peserta Meet menjadi 1.000 sehingga Anda dapat terhubung dengan lebih banyak warga sekolah sekaligus.

"Kami percaya fitur-fitur ini akan membantu sekolah menciptakan lingkungan belajar yang lebih aman dan produktif bagi semua siswa," tutup Google.