Google Chrome Uji Coba Fitur yang Bisa Bacakan Artikel di Web
Ilustrasi Chrome (Foto: dok. Antara)

Bagikan:

JAKARTA - Google dilaporkan sedang mengerjakan fitur untuk membaca artikel yang diakses di Chrome, opsi baru tersebut terlihat di Chrome Canary.

Menurut pengguna X @Leopeva64, fitur yang dijuluki text-to-speech itu bisa diakses saat artikel dibuka dalam Mode Membaca di Chrome Canary versi desktop.

Saat pengguna beralih ke Mode Membaca, Google Chrome akan menambahkan tombol Putar kecil di bagian atas artikel, dan mereka dapat mengekliknya agar browser membaca artikel tersebut dengan lantang.

Sebuah video yang menunjukkan bagaimana fitur tersebut juga dibagikan @Leopeva64 di Reddit. Saat VOI melihatnya, muncul suara pria yang membacakan artikel, tetapi terdengar seperti robot, tidak alami seperti milik suara manusia.

Google tampaknya harus belajar dari pesaingnya, Microsoft Edge yang memang lebih dahulu sudah menawarkan fitur text-to-speech dalam Tampilan Immersive untuk situs web.

Belum diketahui pasti kapan fitur ini akan segera diluncurkan ke publik, karena terlihat baru diuji coba di Chrome Canary, wadah pengujian fitur eksperimental perusahaan, seperti dikutip dari Android Police, Sabtu, 26 Agustus.