Cara Translate <i>Website</i> Bahasa Asing dengan Mudah di Google Chrome
Cara Translate Website Bahasa Asing dengan Mudah di Google Chrome (Pixabay)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Aplikasi peramban Google Chrome memiliki banyak fitur yang dibuat untuk mempermudah penggunanya. Salah satu fitur yang dapat Anda gunakan adalah fitur translate atau terjemahan yang dapat membantu pengguna untuk memahami artikel di website berbahasa asing.

Dengan menggunakan fitur translate di Google Chrome, pengguna dapat menerjemahkan seluruh isi artikel yang ada di sebuah halaman website berbahasa asing ke dalam bahasa Indonesia atau bahasa lain yang Anda pahami.

Oleh karena itu, pengguna tidak perlu menerjemahkan halaman website tersebut dengan cara menyalin seluruh isi dan menyalin di situs Google Translate secara manual.

Pengguna pun dapat menggunakan fitur translate yang ada di mesin peramban Google Chrome di berbagai perangkat seperti laptop atau komputer dan ponsel.

Jika pengguna ingin menggunakan fitur tersebut, Anda dapat mengikuti langkah-langkah yang telah disusun oleh tim VOI di bawah ini, dan bisa langsung Anda praktekkan di perangkat Anda.

Cara Aktifkan Fitur Translate di Google Chrome

Untuk menggunakan fitur translate atau terjemahan di Google Chrome, pengguna dapat membuka mesin peramban tersebut di perangkat Anda, kemudian klik ikon tiga titik yang ada di pojok kanan atas layar perangkat Anda.

Akan muncul sejumlah menu yang dapat Anda pilih, kemudian klik menu "Settings" atau pengaturan dan selanjutnya pilih opsi "Advanced" atau lanjutan.

Setelah itu, klik "Languages" atau pengaturan bahasa, yang ingin digunakan. Pilih "Bahasa Indonesia" jika Anda ingin menerjemahkan setiap website ke dalam bahasa Indonesia.

Setelah penambahan bahasa selesai, klik ikon titik tiga di sisi kanan bahasa Indonesia yang sudah Anda tambahkan. Selanjutnya centang opsi 'Offer to translate pages in this language', dengan demikian fitur terjemahan suda selesai diaktifkan.

Jika pengguna membuka laman website berbahasa asing, akan muncul pop-up terjemahan di layar. Anda pun dapat mencoba fitur tersebut dengan menerjemahkan halaman website tertentu.

Caranya, pengguna dapat membuka halaman website berbahasa asing yang ingin dikunjungi. Google Chrome akan secara otomatis menampilkan pop-up terjemahan "Do you want to translate this page?" Selanjutnya, klik "Translate" untuk menerjemahkan seluruh isi halaman web.

Sebagai catatan proses penerjemahan ini hanya berlaku pada laman terkait yang diberikan perintah translate saja. Sehingga setiap kali Anda membuka halaman web baru, fitur pop-up terjemahan tersebut akan selalu muncul.

Begitulah cara untuk mengaktifkan fitur translate di Google Chrome yang dapat Anda gunakan untuk menerjemahkan setiap website berbahasa asing ke dalam bahasa Indonesia supaya lebih mudah dipahami.