Cara Mengaktifkan <i>Fingerprint Lock</i> di Aplikasi WhatsApp untuk Jaga Keamanan Akun
Cara Mengaktifkan Fingerprint Lock di Aplikasi WhatsApp untuk Jaga Keamanan Akun (smartphonechamp)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Aplikasi pesan instan WhatsApp memiliki sejumlah fitur yang dapat digunakan oleh penggunannya. Salah satunya adalah fitur "Fingerprint Lock" yang dapat digunakan untuk menjaga keamanan akun pengguna.

Fingerprint Lock sendiri merupakan fitur yang dapat mengunci aplikasi WhatsApp dengan kemampuan biometrix, yakni sensor yang dapat dibuka dengan memanfaatkan sidik jari dari pemilik akun WhatsApp.

Dengan fitur tersebut, pengguna harus menggunakan sidik jari mereka saat ingin membuka aplikasi WhatsApp meskipun kunci ponsel sudah dibuka. Kendati begitu, Anda tetap dapat membalas chat yang masuk dari notifikasi dan menjawab panggilan tanpa harus membuka Fingerprint Lock terlebih dahulu.

Mengaktifkan Fingerprint Lock membuat pengguna menjadi satu-satunya orang yang dapat mengakses aplikasi WhatsApp di ponsel Anda, dan bisa menjadi jaminan keamanan privasi pengguna.

Jika Anda tertarik untuk mengaktifkan fitur tersebut di aplikasi WhatsApp yang ada ponsel Anda, tim VOI telah merangkum langkah-langkah yang dapat Anda ikuti di bawah ini.

Cara Mengaktifkan Fingerprint Lock WhatsApp

Untuk mengaktifkan Fingerprin Lock di aplikasi WhatsApp pada ponsel Android, langkah pertama yang dapat Anda lakukan adalah membuka aplikasi WhatsApp terlebih dahulu di ponsel Anda.

Selanjutnyak, klik ikon tiga titik yang berada di sudut kanan atas layar ponsel Anda, dan pilih menu "Setting" atau pengaturan, kemudian klik "Account".

Pada bagian berikutnya, pengguna dapat memilih "Privasi" dan klik menu "Fingerprint Lock" atau kunci sidik jari, kemudian "Buka" menu kunci dengan sidik jari, kemudian konfirmasi sidik jari Anda pada menu yang telah disediakan.

Dengan demikian, fitur Fingerprint Lock di aplikasi WhatsApp Anda sudah aktif dan hanya Anda yang dapat membukanya menggunakan sidik jari pengguna saat terkunci.

Sementara itu, untuk mengaktifkan menu Fingerprint Lock di ponsel Apple atau iOS, pengguna dapat membuka aplikasi WhatsApp dan pilih ikon tiga titik di sudut kanan atas layar ponsel Anda.

Selanjutnya, pilih menu "Setting" atau pengaturan dan pilih menu akun, kemudian klik "Privasi" dan pilih pengaturan buka layar kunci. Pengguna pun dapat menggunakan sejumlah pilihan untuk membuka kunci WhatsApp Anda.

Pada tahap berikutnya, nyalakan "Touch ID" atau "Face ID". Pengguna dapat mengatur waktu sebelum "Touch ID" atau "Face ID" diminta dan klik "Touch ID" untuk mengaktifkan Fingerprint Lock.

Itu tadi cara mudah yang dapat Anda lakukan untuk mengaktifkan fitur Fingerprint Lock di aplikasi WhatsApp yang ada pada ponsel Anda baik untuk ponsel Android maupun Apple atau iOS.