Minim! Diunduh 23,3 Juta Kali, Lusinan Judul Gim di Netflix Cuma Dimainkan 1,7 Juta Pengguna Per Hari
Gim di Netflix tak terlalu banyak dimainkan oleh pelanggan. (foto: dok. pixabay)

Bagikan:

JAKARTA - Saat Netflix terus membangun portofolio gimnya, perusahaan streamer video dan film ini melihat kurang dari 1 persen pelanggannya berinteraksi dengan layanan gim mereka setiap hari. Menurut data yang diperoleh CNBC dari grup pelacak aplikasi Apptopia, gim Netflix rata-rata memiliki 1,7 juta pengguna per hari, hanya sebagian kecil dari 221 juta pelanggan Netflix secara global.

Apptopia menemukan bahwa gim Netflix telah diunduh sebanyak 23,3 juta kali sejak Netflix mengumumkan usaha mereka ke gim seluler pada November 2021. Streamer memulainya dengan hanya lima game. Namun kini koleksi itu  telah diperluas hingga lebih dari dua lusin judul, termasuk gim berdasarkan permainan kartu Exploding Kittens, spin-off League of Legends Hextech Mayhem, dan judul strategi Into the Breach. Netflix juga berencana untuk menambahkan gim berdasarkan seri aslinya The Queen's Gambit.

Netflix ingin menggandakan penawaran gim saat ini menjadi 50 judul pada akhir 2022 dan telah mengakuisisi tiga studio game indie untuk membantu memenuhi tujuan ini. Laporan sebelumnya menunjukkan unduhan gim Netflix tumbuh perlahan selama (hampir) satu tahun sejak gim tersebut tersedia.

Pada  Januari lalu, Apptopia mencatat total 8 juta unduhan gim, sementara data dari perusahaan analitik Sensor Tower menunjukkan total unduhan mencapai 13 juta pada bulan Juni. Pelanggan di perangkat Android dapat mengakses dan mengunduh gim secara gratis dari aplikasi Netflix atau Google Play Store, sementara aturan Apple mengharuskan Netflix mengarahkan pengguna di perangkat Apple ke App Store untuk mengunduh.

Netflix melaporkan kehilangan pelanggan untuk pertama kalinya dalam lebih dari satu dekade pada bulan April dan kehilangan 1,3 juta lebih secara global antara Mei dan akhir Juni.

Koleksi gim streamer diharapkan dapat memainkan peran yang semakin penting karena Netflix ingin membalikkan tren kehilangan pelanggan dan menemukan cara untuk menghasilkan lebih banyak uang dari pelanggan tersebut selain menaikkan harga pada layanan video yang sudah mereka miliki.

Netflix sudah berencana meluncurkan streaming yang didukung iklan pada akhir tahun ini dan juga mencari cara untuk menindak pembagian kata sandi yang dilakukan oleh pengguna.