Netflix Perluas Layanan Gimnya ke Pasar Eropa, Bawa Lima Judul Gim Sekaligus
Netflix Spanyol dan Italia, serta Polandia kini mendapatkan ketiga gim eksklusif. (foto: dok. Netflix)

Bagikan:

JAKARTA - Netflix memperluas layanan video gim selulernya dengan meluncurkan tiga judul gim eksklusif untuk anggota Netflix di pasar Eropa tertentu. Trio gim kasual itu yakni Shooting Hoops, Teeter Up dan Card Blast.

Kini giliran pengguna Netflix Spanyol dan Italia, serta Polandia yang mendapatkan ketiga gim eksklusif tersebut. Gim baru ini akan tersedia menggunakan model yang sama.

Pengguna dapat menemukannya melalui tab “Game” baru di dalam aplikasi Netflix, anggota akan diarahkan ke daftar gim di Google Play Store untuk wilayah mereka. Di sini, mereka akan mengunduh dan menginstal gim seperti yang mereka lakukan pada aplikasi lain. Tetapi mereka memerlukan akun Netflix untuk memainkannya.

Mengutip Techcrunch, Rabu, 29 September, gim baru ini bisa diakses secara gratis untuk dimainkan, tanpa iklan atau pembelian dalam aplikasi. Selain tiga judul gim baru itu, Netflix juga memberikan pasar Eropa akses dengan gim seri populer Stranger Things, gim baru ini tidak memiliki koneksi ke film atau acara Netflix apa pun.

Sebaliknya, mereka adalah permainan kasual sederhana yang dimaksudkan untuk menarik banyak pemain. Stranger Things mewakili peningkatan investasi Netflix yang berfokus untuk menjadikan gim seluler sebagai bagian dari penawaran hiburan yang lebih luas, yang kini berkembang untuk memasukkan lebih dari sekadar konten streaming.

Permainan akan tiba di Polandia hari ini, di mana mereka akan bergabung dengan judul Stranger Things yang tersedia saat ini. Sementara itu, anggota Netflix di Italia dan Spanyol akan mendapatkan akses ke trio gim baru dan dua gim Stranger Things yang sudah ada. Jadi total gim yang bisa dimainkan pengguna ada lima.

Rencana Netflix Ekspansi Pasar Gim

Selama pendapatan Q2, perusahaan baru-baru ini berbicara tentang rencananya untuk berekspansi ke pasar gim, dengan mengatakan bahwa peluncuran lima gim di pasar Eropa adalah tahap awal untuk mengeksplorasi seperti apa model bisnis ini.

“Kami melihat gim sebagai kategori konten lain bagi kami, serupa dengan ekspansi kami ke film asli, animasi, dan TV tanpa skrip. Karena kami hampir satu dekade mendorong kami ke dalam pemrograman asli, kami pikir waktu yang tepat untuk mempelajari lebih lanjut tentang bagaimana anggota kami menghargai permainan,” ungkap Netflix.

Sebelumnya, Netflix menjelaskan bahwa mereka memilih Polandia sebagai pasar uji awal untuk gim seluler karena negara tersebut memiliki pengguna gim seluler yang aktif. Sementara, perusahaan mencatat bahwa Italia dan Spanyol dipilih sebagai pasar tambahan untuk alasan yang sama dan karena pasar Eropa, secara keseluruhan, merupakan pasar yang penting bagi Netflix.

Netflix mengatakan berencana untuk meluncurkan gim di wilayah lain, termasuk AS, di beberapa titik di masa depan, tetapi tidak diketahui kapan. Tetapi, Netflix juga berencana untuk membawa gimnya ke iOS.