Partai Demokrat AS Lengkapi Para <i>Influencer</i> Media Sosial dengan Konten Kampanye Terpusat
KOnten media sosial digunakan Partai Demokrat untuk mempengaruhi pemilih. (foto; dok. pixabay)

Bagikan:

JAKARTA – Hanya kurang dari 100 hari hingga pemilihan paruh waktu, Partai Demokrat AS melengkapi influencer dan pembuat konten TikTok dengan alat digital untuk menjangkau pemilih di internet dengan konten yang disponsori oleh partai.

Menjelang musim pemilihan, Komite Nasional Demokrat (DNC) membangun pusat pengorganisasian online untuk mendorong pesan partai di luar saluran sosialnya sendiri. Hub menciptakan tujuan online pusat bagi influencer, pengganti, dan pendukung untuk menerima poin pembicaraan yang disponsori partai, pengiriman pesan, dan berbagai macam konten digital untuk diposting di umpan media sosial mereka sendiri.

“Tujuan kami adalah untuk membekali pendukung dan sukarelawan akar rumput dengan alat untuk membagikan pesan kami dengan jaringan mereka sendiri dan untuk menjadi pembawa pesan tepercaya,” kata Shelby Cole, wakil kepala pemasaran konten digital dan kreatif untuk DNC, kepada The Verge pada Senin, 8 Agustus. "Di mana pun Anda ingin bertemu, kami akan menemui Anda."

Pandemi virus corona secara dramatis mengubah cara kelompok politik dan politisi berinteraksi dengan pemilih. Dengan acara tatap muka yang tidak mungkin dilakukan pada awal tahun 2020, kandidat di kedua partai mulai memfokuskan pesan ke platform online yang digunakan pemilih di rumah.

Kampanye Joe Biden bereksperimen dengan peta Fortnite, Animal Crossing: Kepulauan New Horizons, dan aplikasi teriakan selebriti Cameo untuk menjangkau pemilih di seluruh demografi.

Sejak menerapkan program pengorganisasian online pada bulan Februari, DNC telah menghasilkan lebih dari 83 juta tayangan, termasuk peningkatan 16,7 juta pada kuartal kedua tahun ini saja. Pejabat juga telah merekrut dan melatih hampir 1.000 pendukung tentang cara menggunakan hub sejauh tahun ini.

Greenfly, platform distribusi konten, berfungsi sebagai platform utama hub untuk menghosting konten. Tim digital dan pembangun koalisi DNC mencari influencer potensial dari seluruh spektrum dukungan partai, termasuk pemilih muda dan anggota komunitas Hitam dan LGBTQ-plus.

Setelah seorang pendukung dihubungi, mereka diminta untuk menghadiri seminar pelatihan online sebelum mereka kemudian bergabung ke platform Greenfly dan komunitas Slack DNC untuk duta partai.

Sementara pejabat partai Demokrat terus terhubung dengan pembuat dan pemberi pengaruh TikTok melalui Slack dan dalam grup pesan pribadi, kemitraan DNC dengan Greenfly telah secara dramatis meningkatkan skala di mana partai tersebut dapat secara instan mendorong konten ke sukarelawan, kata seorang pejabat Demokrat kepada The Verge pada hari Senin.

Setelah pendukung mengunduh aplikasi Greenfly, mereka dapat mengakses sejumlah galeri DNC yang menampilkan konten untuk mereka unduh dan posting ulang di umpan (feed) mereka sendiri.

 Jenis konten berkisar dalam topik, mulai dari menekan penjelasan kebijakan tentang isu-isu seperti hak aborsi hingga citra yang menggembar-gemborkan kisah sukses pemerintahan Biden seperti pengesahan Undang-Undang Pengurangan Inflasi baru-baru ini oleh Senat, kata seorang pejabat Senin.

Greenfly juga memungkinkan DNC untuk mengirim pemberitahuan push kepada pengguna untuk membuat permintaan berbagi yang lebih mendesak untuk konten tertentu, yang dapat membantu dalam program pesan respons cepat partai yang mengarah ke paruh waktu dan siklus pemilihan presiden 2024, kata seorang pejabat.

Beberapa kampanye Demokrat dan kelompok politik telah bergerak untuk berbagi konten resmi kepada pendukung online selama beberapa tahun terakhir. Namun tidak seperti Google Documents yang dapat dibagikan dengan contoh perpesanan dan tautan ke liputan berita positif, Greenfly memberi pejabat Demokrat lebih banyak wawasan tentang konten apa yang paling banyak dibagikan dan menerima keterlibatan paling banyak di seluruh platform seperti Facebook, Instagram, dan TikTok.

Informasi itu telah mengarahkan operasi digital Demokrat untuk membangun konten yang lebih cocok untuk platform yang digunakan pendukung mereka. Misalnya, pembuat TikTok menggunakan gambar persegi yang lebih cocok untuk posting grid Instagram dalam video. Setelah pejabat Demokrat melihat tren tersebut, mereka mulai merancang grafik latar belakang dalam dimensi khusus untuk TikTok, kata seorang pejabat kepada The Verge pada hari Senin.

DNC sebelumnya telah bereksperimen dengan Greenfly di masa lalu, menggunakannya sebagai sarana untuk terhubung dengan pendukung selama acara pesta penting seperti konvensi nasional 2020.

Kampanye kepresidenan Presiden Joe Biden juga menggunakan Greenfly untuk berbagi konten khusus kampanye dengan pendukung secara real time. Situs web Greenfly mengatakan bahwa lebih dari 80 persen Biden “pengganti berbagi konten digital di media sosial.”

Selama beberapa tahun terakhir, kelompok politik telah mengambil langkah untuk memanfaatkan pertumbuhan pemasaran influencer online. Pada bulan April, super PAC pro-Biden meluncurkan program iklan berbayar enam digit untuk memperkuat konten yang dibuatnya dengan pembuat TikTok dan Instagram. Grup konservatif seperti Turning Point USA dan PragerU terus membangun program duta online, mendorong pembuat konten yang berafiliasi untuk memposting konten ramah konservatif di seluruh akun media sosial mereka.