Bagikan:

 

JAKARTA – Google terus mengintegrasikan model Kecerdasan Buatan (AI) generatif ke berbagai produk dan layanannya. Kali ini, AI generatif buatannya telah ditambahkan ke fitur terbaru di Google Play Store.

Beberapa waktu lalu, Catatan Rilis Sistem Google di halaman bantuan Google menjelaskan bahwa Play Store akan meluncurkan ringkasan aplikasi yang dihasilkan oleh AI. Fitur ini akhirnya diluncurkan oleh Google. 

Saat pengguna mencari aplikasi di Play Store, ringkasan berbasis AI akan muncul dengan keterangan App Highlights. Pengguna bisa membaca informasi yang ditampilkan terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk mengunduh aplikasinya.

Penerapan AI di fitur ringkasan ini sangat berguna jika pengguna ponsel Android sedang mencari aplikasi yang diinginkan. Mereka tidak perlu langsung mengunduh aplikasi hanya untuk melihat fitur yang ditawarkan aplikasi tersebut. 

Selain menambahkan fitur ringkasan AI di tampilan aplikasi, Google juga menambahkan fitur tersebut ke bagian FAQ Play Store. Fitur ini tak hanya menampilkan informasi dari aplikasi di FAQ, tetapi juga ikhtisar mengenai alasan fitur ini bisa populer.

Pembaruan fitur highlight aplikasi berbasis AI ini telah diluncurkan pada Senin, 18 Maret  dalam versi 40.2. Fitur ini masih diluncurkan secara bertahap sehingga tidak semua pengguna akan melihat fitur ringkasan AI tersebut.

Selain ringkasan dalam bentuk highlight, versi 40.2 juga akan meluncurkan izin perbarui Play Store secara otomatis menggunakan data seluler terbatas. Google juga menambahkan Bilah Navigasi Persisten untuk memudahkan navigasi halaman di Play Store.