Bagikan:

YOGYAKARTA - Pengguna Google bisa memanfaatkan Google Play Points untuk mendapatkan poin dan bonus. Poin tersebut bisa Anda gunakan untuk membeli konten digital, memperoleh diskon game, Google Play Credit, hingga berdonasi. Namun belum banyak yang tahu apa itu Google Play Points. 

Google menghadirkan Google Play Points sebagai program reward untuk pengguna yang melakukan transaksi di Play Store. Program ini memungkinkan Anda untuk memperoleh satu atau lebih poin setiap pembelian di Google Play Store. Program ini sudah tersedia bagi pengguna Google di Indonesia. 

Bagi Anda yang sering melakukan pembelian atau transaksi di Google Play Store, maka Anda perlu memanfaatkan program Google Play Points. Lantas apa itu Google Play Points dan apa saja kegunaannya?

Apa Itu Google Play Points?

Google Play Points adalah program reward yang diberikan oleh Google untuk pengguna yang melakukan transaksi di Play Store. Program ini menjadi salah satu bentuk penghargaan loyalitas kepada pengguna Android yang menggunakan ekosistem Play untuk mengunduh berbagai konten digital, seperti aplikasi, game, buku, musik, dan lainnya. 

Google Play Points memungkinkan pengguna bisa memperoleh poin dari setiap pembelian di Google Play Store. Konten yang dibeli dan poin yang didapatkan bergantung pada negara masing-masing pengguna. Anda bisa menggunakan poin tersebut untuk Saldo Google Play hingga ditukar dengan item dan diskon spesial di game populer. 

Google Play Points diluncurkan pertama kali pada tahun 2018. Sebelumnya, program ini hanya disediakan secara terbatas di beberapa negara seperti Amerika Serikat, Korea Selatan, dan Jepang. Kini program ini sudah tersedia untuk pengguna Android di Indonesia.

Program Reward Google Play Points

Program reward Google Play Points terdiri dari empat level, yaitu Bronze, Silver, Gold, dan Platinum. Anggota Play Points akan mendapatkan keuntungan dan hadiah mingguan sesuai dengan levelnya masing-masing. 

Ada juga promo poin mingguan yang bisa membantu pengguna Play Points untuk mempercepat memperoleh poin. Bagi anggota baru akan mendapatkan Play Points tiga kali lipat dalam setiap pembelian di item di Play Store di minggu pertamanya. 

Kegunaan Google Play Points

Berikut ini sejumlah kegunaan Google Play Points bagi penggunanya, dikutip dari support.google.com:

  • Mendapatkan poin untuk pembelian konten digital, item dalam aplikasi, dan hasil download dari Google Play Store.
  • Menggunakan poin untuk mendapatkan kupon diskon, item dalam aplikasi, atau Saldo Google Play.
  • Mendapatkan lebih banyak manfaat, bonus, dan poin saat level Anda naik.

Namun pengguna juga perlu memahami beberapa hal mengenai batasan penggunaan Google Play Points, sebagai berikut:

  • Poin tidak bisa dikonversi dalam bentuk uang tunai. Pengguna hanya dapat menukarkan poinnya dengan Play Store Credit. 
  • Poin tidak bisa ditransfer antar akun, bahkan dalam grup Family Library.
  • Semua poin yang sudah terkumpul akan kadaluarsa satu tahun setelah pengguna berhenti memperoleh atau menggunakan poin. 

Cara Mendaftar Google Play Points

Untuk bisa mengikuti program Google Play Points dan menukarkan poinnya, pengguna diharuskan mendaftar terlebih dahulu. Pengguna harus memakai perangkat yang sudah supported dan menggunakan akun Google Play sendiri. 

Setelah itu, Anda bisa bergabung dengan skema Google Play Points dengan mengikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Silakan buka Google Play Store di ponsel Android
  2. Setelah masuk di beranda Play Store, ketik gambar profil di sudut kanan atas
  3. Kemudian klik Play Points
  4. Lalu klik Join

Cara Pakai Google Play Points 

Begini cara memakai Google Play Points yang perlu Anda pahami dan ikuti:

  1. Silakan buka aplikasi Google Play Store
  2. Setelah masuk beranda Play Store, klik gambar profil di sudut kanan atas
  3. Kemudian klik Play Points
  4. Lalu pilih opsi Use
  5. Gulir ke bawah dan pilih hadiah dari pilihan yang tersedia
  6. Selanjutnya klik Use Points

Demikianlah ulasan mengenai apa itu Google Play Points yang perlu Anda tahu. Bagi Anda pengguna ponsel Android, program reward ini perlu Anda manfaatkan untuk mendapatkan sejumlah keuntungan dalam transaksi di ekosistem Play Google. Baca juga informasi pembaruan Google Play Game

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI. Kami menghadirkan kabar terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.