Sudah Hilang di Play Store, Google Resmi Matikan Layanan YouTube Go
Ilustrasi-Youtube Go

Bagikan:

JAKARTA - Beberapa bulan lalu, Google mengungkapkan rencananya untuk menghentikan YouTube Go pada bulan Agustus. Dan sekarang, Google resmi menghentikan layanan tersebut untuk seluruh pengguna. 
 
Dalam pengumumannya saat itu, Meaghan selaku salah seorang team dari YouTube mengatakan bahwa perusahaan lebih merekomendasikan pengguna untuk menggunakan layanan utama YouTube. 
 
"Dibandingkan dengan YouTube Go, aplikasi utama YouTube memberikan pengalaman pengguna yang lebih baik secara keseluruhan serta menawarkan fitur yang tidak tersedia di YouTube Go yang banyak diminta, seperti kemampuan untuk berkomentar, memposting, membuat konten, dan menggunakan dark tema," tulis Meaghan pada bulan Mei lalu. 
 
Saat ini, ketika Anda menuliskan YouTube Go di google play store, Anda tidak akan menemukan aplikasi itu lagi. Artinya, Anda hanya dapat menggunakan layanan YouTube utama saja. Untuk Anda yang belum tahu apa itu YouTube Go, dan apa keunggulan yang bisa didapatkan dari aplikasi tersebut, berikut adalah beberapa fitur yang bisa Anda dapatkan. 
 

Apa itu YouTube Go? 

Secara garis besarnya, YouTube Go merupakan aplikasi Android resmi dari YouTube yang memungkinkan Anda untuk mengontrol jumlah data yang akan Anda gunakan untuk menonton video tertentu tanpa menggunakan WiFi. 
 
YouTube Go memiliki beberapa fitur yang tidak dimiliki di aplikasi utama, menurut halaman web youtube.go, berikut ini adalah fitur yang bisa Anda dapatkan dengan aplikasi tersebut. 
 
- Lihat Pratinjau Video Terlebih Dahulu
 
Jadi, sebelum Anda memutuskan untuk menonton video secara keseluruhan, Anda dapat melihat cuplikan singkat terlebih dahulu.
 
- Kontrol Penggunaan Data 
 
Berbeda dengan aplikasi utama YouTube, YouTube Go menyediakan fitur yang memungkinkan pengguna untuk mengontrol jumlah penggunaan data.
 
Jadi, sebelum memutar atau mendownload video, Anda akan melihat opsi jumlah MB yang ingin digunakan untuk menonton setiap video. Jika Anda memilih resolusi tinggi, maka semakin banyak data yang akan Anda gunakan. 
 
Kedua fitur di atas tidak dapat Anda temukan di aplikasi utama YouTube, jika Anda menonton video, Anda tidak tahu berapa penggunaan data yang akan dihabiskan. 
 
Namun, saat ini YouTube sudah memiliki peningkatan untuk semua penggunanya, maka dari itu Google memutuskan untuk menghentikan layanan YouTube Go. 
 
Menurut Meaghan lebih lanjut, YouTube telah berinvestasi dalam peningkatan pada aplikasi utama yang membuatnya berkinerja lebih baik, sekaligus memberikan pengalaman pengguna yang lebih baik. 
 

 
"Secara khusus, kami telah meningkatkan kinerja untuk perangkat tingkat pemula atau perangkat yang menonton YouTube di jaringan yang lebih lambat," katanya. 
 
Dengan pembaruan YouTube nantinya, perusahaan teknologi terbesar itu juga membangun kontrol pengguna tambahan yang dapat membantu mengurangi penggunaan data seluler untuk pemirsa dengan data terbatas.