Sambut Ramadan, Penelusuran Doa Menyambut Bulan Suci di Google Meningkat 180 Persen
Contoh pencarian keyword Ramadan di Google (VOI/Dinda Buana Putri)

Bagikan:

JAKARTA - Ramadan adalah salah satu bulan paling istimewa dalam setahun. Pada bulan ini, Google mengatakan ada sekitar lebih dari 1,9 miliar Muslim di seluruh dunia akan berpuasa, bersyukur, dan berhubungan dengan keluarga dan teman. 

Selama Ramadan, kebutuhan informasi masyarakat berubah, di mana pencarian seputar “Persiapan Ramadan” meningkat hingga 210 persen. 

Selain itu, pencarian tentang “Doa Menyambut Ramadan” dan “Menyambut Bulan Ramadan juga turut mengalami peningkatan masing-masing hingga 180 dan 230 persen di Maret 2023, jika dibandingkan dengan periode yang sama di tahun 2022. 

Persiapan tersebut juga mencakup makanan dan resep. Berikut adalah resep Ramadan yang paling banyak dicari pada periode tahun 2022 menurut Google:

  • Resep takjil Ramadan
  • Resep ayam bakar
  • Kue Ramadan 
  • Resep membuat puding 
  • Resep jelly Milo Ramadan 

Mulai dari orang-orang yang ingin mengetahui kapan waktu imsak dan berbuka, cara menyiapkan hidangan Ramadan, serta kapan restoran dan tempat hiburan buka selama Ramadan, Google mempermudah semua orang untuk menyelesaikan semua hal kecil ini dan fokus pada hal-hal yang penting. 

Pada Ramadan tahun ini, di Google Search, ketika Anda mengetik keyword “Ramadan” maka Anda akan menemukan berbagai informasi dari mulai berita terkini terkait ramadan, ucapan, hingga jadwal sholat dan beragam informasi lainnya untuk membantu Anda beribadah dan merencanakan kegiatan di bulan Ramadan hingga Hari Raya.

Selain itu ketika Anda membuka Google Play di smartphone, akan ada laman khusus yang menyajikan aplikasi pilihan, seperti Al-quran digital, qiblat finder dan masih banyak lagi untuk menemani ibadah Anda selama berpuasa. 

Setelah seharian menahan haus dan lapar, menyajikan hidangan spesial untuk keluarga saat berbuka merupakan sebuah kebahagiaan tersendiri, Anda juga dapat menemukan berbagai aplikasi rekomendasi yang menyajikan resep masakan spesial di Google, yang dapat Anda coba di rumah.