Cara Memasang Aplikasi di Beberapa Perangkat Secara Bersamaan
Ilustrasi aplikasi (foto: Unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Saat ini, Google Play Store tidak hanya tersedia di smartphone saja, tetapi Anda juga bisa menemukannya di smart watch, dan smart TV. 

Tapi, tahukah Anda bahwa Anda dapat memasang aplikasi di semua perangkat sekaligus secara bersamaan dari Google Play Store? 

Karena Play Store telah tersedia di lebih banyak perangkat, Google mempermudah pemasangan aplikasi di berbagai perangkat tanpa benar-benar memegangnya. Misalnya, Anda dapat memasang aplikasi ke Chromecast dengan Google TV dari Play Store di ponsel Anda. 

Nah, berikut ini adalah tutorial mengunduh aplikasi dari play store di beberapa perangkat secara bersamaan. 

Cara Memasang Aplikasi di Berbagai Perangkat secara Bersamaan

Pertama-tama, Anda harus membuka Google Play Store di ponsel Android utama Anda dan dilanjutkan dengan mengetuk ikon profil di bagian kanan atas layar. 

Selanjutnya, pilih opsi "Kelola Aplikasi & Perangkat" dari menu. Sekarang buka "Sinkronkan Aplikasi ke Perangkat".

Anda akan disambut dengan daftar perangkat yang terhubung ke Play Store dan akun Google Anda. Centanh kotak di samping perangkat, maka aplikasi akan diinstal pada perangkat tersebut (jika tersedia) saat Anda menginstalnya pada perangkat yang sedang Anda gunakan.

Ini adalah fitur berguna untuk sejumlah kasus penggunaan. Jika Anda memasang aplikasi streaming di ponsel, kemungkinan besar aplikasi tersebut juga tersedia di Google TV Anda, dan aplikasi tersebut juga akan diinstal secara otomatis di sana. 

Fitur ini juga sangat berguna untuk jam tangan pintar, yang mungkin Anda ingin memiliki aplikasi pendamping untuk aplikasi di ponsel Anda.