Cara Menghapus Aplikasi Bawaan Android Tanpa <i>Root</i>, Bikin Performa Ponsel Lebih Kencang
Aplikasi bawaan Android (MakeTechEasier)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Bagi pengguna ponsel Android, tentu sudah tidak asing lagi dengan aplikasi bawaan yang sudah terpasang. Disebut juga sebagai aplikasi bloatware, jenis aplikasi Android ini akan langsung kita temukan meskipun perangkat baru pertama kali diaktifkan.

Jenis aplikasi bloatware pun beragam. Ada yang bawaan Android, pun ada yang bawaan dari produsen perangkat berdasarkan sistem operasi antarmuka yang berjalan. Pada dasarnya, perusahaan produsen ingin pengguna memanfaatkan aplikasi bawaan tersebut -alih-alih memasang aplikasi tambahan.

Memang, beberapa jenis aplikasi bawaan bisa kita gunakan. Karena fungsinya sesuai dengan kebutuhan maupun aktivitas pengguna. Tapi, terdapat lebih banyak aplikasi bloatware yang tidak terlalu berguna. Jarang dipakai karena tidak sesuai dengan aktivitas pengguna.

Sayangnya, aplikasi ini tidak bisa dihapus begitu saja. Umumnya, pengguna hanya bisa menghapus versi pembaruan. Tapi hal tersebut tidak menghentikan aktivitas aplikasi untuk berjalan di latar belakang. Dan ketika aktivitas latar belakang cukup besar, dampaknya ponsel jadi lebih lambat dan cepat panas.

Beruntungnya, ada cara menghapus aplikasi bawaan Android tanpa root. Dan untuk membantu pengguna mendapatkan pengalaman yang lebih nyaman, tim VOI sudah merangkumkan beberapa cara tersebut. Langsung dicoba saja salah satu langkah di bawah.

Cara Menghapus Bloatware Tanpa Root

Untuk menghapus aplikasi bawaan dari HP Android, Anda perlu menggunakan software ADB dan Fastboot pada laptop atau PC. Kedua software ini berfungsi untuk membuka akses menuju sistem Android saat ponsel terhubung dengan laptop melalui kabel USB.

Anda bisa mengunduh ADB atau Fastboot lewat Google. Atau, jika ingin sumber yang lebih terpercaya, Anda juga bisa mengunduhnya lewat forum XDA-Develoepers. Dan saat software sudah terpasang, Anda perlu mengaktifkan fitur USB Debugging.

Caranya mudah, pertama buka menu Pengaturan, kemudian pilih menu Tentang Perangkat, lalu ketuk tujuh kali menu Build Number. Selanjutnya, Anda akan menemukan menu USB Debugging berada di dalam menu Opsi Pengembang.

Jika sudah, maka Anda siap untuk menjalankan langkah menghapus aplikasi bawaan Android tanpa root. Ikut langkah demi langkah di bawah ini, ya:

  1. Sambungkan ponsel Android dengan PC menggunakan kabel data
  2. Buka menu Command Promt pada PC, caranya dengan mengklik tombol Win+R secara bersamaan
  3. Pada jendela Command Promt, ketikkan perintah ‘adb devices’ lalu klik Enter
  4. Setelah itu, Command Promt akan menampilkan permintaan untuk memberikan akses menuju smartphone, ketuk tombol OK pada ponsel
  5. Jika sudah, ketikkan lagi perintah adv devices. Anda akan melihat menu baru yang muncul berbunyi ‘List of devices attached’
  6. Ketikkan ‘adb shell’ pada Command Prompt lalu klik Enter
  7. Ketikkan perintah ‘pm uninstall –k –user 0 <package name> untuk mencopot aplikasi yang tidak terpasang.

Sebagai catatan, perintah Package Name bisa diganti dengan nama folder dari aplikasi yang ingin diintal. Lalu, bagaimana Anda bisa mengetahui nama folder tersebut? Anda bisa memasang aplikasi App Inspector dari Play Store.

Nah, usai sudah cara menghapus aplikasi bawaan Android tanpa root kali ini. Semoga cara di atas bisa membantu Anda untuk membuat performa ponsel lebih kencang, ya.