Cara Mengatasi Menu Dual Boot Tidak Muncul di Windows 10
Cara mengatasi dual boot tidak muncul (Windows Report)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Sebagian besar pengguna PC mungkin lebih nyaman untuk mengoperasikan perangkat lewat satu jenis sistem operasi. Tapi, ada pula beberapa orang yang merasa tenang jika laptop atau PC miliknya dipasangi dua jenis sistem operasi sekaligus. Kita menyebut jenis laptop ini sebagai dual boot. 

Hanya saja, saat perangkat milik Anda gagal menampilkan menu berisi pilihan sistem operasi –atau disebut Windows Boot Manager- saat memulai perangkat, harap tenang. Masalah ini tak hanya dialami perangkat milik Anda saja. Artinya, ada banyak perangkat dan pengguna yang menghadapi hal serupa.

Perlu dicatat, menu dual boot yang tidak muncul biasanya menjadi masalah pada sistem dual boot yang baru saja dibuat. Umumnya, problem ini disebabkan oleh konfigurasi manajemen boot yang kurang benar. 

Beruntungnya, Anda juga bisa memperbaiki problem ini sendiri. Cuma perlu memodifikasi beberapa pengaturan Windows. Nah, untuk Anda yang sedang mencari cara mengatasi menu dual boot tidak muncul, tim VOI sudah rangkumkan dari berbagai sumber. Simak terus, ya.

Mengapa Menu Dual Boot Tidak Muncul di Windows 10?

Sebelum menjalankan cara untuk mengatasi problem ini, ada baiknya Anda mengetahui dulu penyebab masalah ini muncul. Apalagi, ada beberapa alasan yang menjadi penyebab dari problem ini. Antara lain;

  • Menu dual boot belum diaktifkan
  • Sistem dengan fitur Fast Startup yang aktif biasanya langsung melakukan boot menuju OS bawaan, tanpa menawarkan pilihan apa pun
  • Sistem operasi bawaan yang terdapat pada menu Startup dan Recovery dikonfigurasi kurang sempurna
  • Terdapat beberapa sistem file yang rusak sehingga menyebabkan boot manager beroperasi kurang maksimal

Cara Memperbaiki Dual Boot di Windows 10 Hilang

Jika Anda ingin mencoba untuk memperbaiki sendiri kerusakan ini, harap lakukan langkah demi langkah berikut ini. Jangan sampai terlewat!

1. Aktifkan Boot Menu Melalui Command Promt

Seandainya boot menu yang belum diaktifkan, maka Anda tidak akan bisa untuk melihat pilihan menu ini muncul di layar. Nah, untuk mengaktifkannya, Anda bisa melakukan langkah-langkah berikut ini:

  • Ketikkan cmd pada kotak pencarian menu Windows, kemudian klik kanan pada menu Command Prompt, lalu pilih Run as Administrator
  • Pada jendela Command Prompt, ketikkan perintah ‘bcdedit /set {bootmgr} displaybootmenu yes’ lalu klik tombol Enter
  • Jika sudah, Anda akan melihat pesan Operation Completed Succesfully

2. Konfigurasi Sistem Operasi Default pada Menu Startup dan Recovery

Menu Advanced System Settings pada OS Windows memungkinkan pengguna untuk memilih sistem operasi yang akan dijadikan default ketika perangkat sedang boot. Di samping itu, fitur ini juga bisa menampilkan daftar OS yang bisa dipilih dan diaktifkan saat Restart. 

Maka dari itu, mengkonfigurasikan pengaturan ini juga bisa membantumu untuk mengatasi problem tersebut. Begini uraian langkah-langkahnya:

  • Ketik Win +I untuk membuka aplikasi Setting
  • Setelah itu, masuk ke System dan buka About yang terletak di bilah sebelah kanan
  • Scroll down tetikus hingga Anda menemukan menu Related Setting, lalu klik Advanced System. 
  • Pada jendela System Properties yang muncul, temukan menu Startup and Recovery lalu klik tombol Settings
  • Di dalamnya, cari menu Default Operating System lalu pilih OS yang akan dijadikan OS default
  • Kemudian, klik menu Time to Display List of Operating System dan atur dalam waktu 30 detik. Arti dari pengaturan ini yakni komputer bakal menampilkan boot menu selama 30 detik. Jika lewat, maka laptop akan menjadikan OS default untuk boot awal
  • Klik Ok untuk menyimpan perubahan

Nah, itulah beberapa cara mengatasi dual boot tidak muncul di Windows 10. Semoga bisa membantu Anda untuk mengatasi masalah ini, ya.