Steam Deck Menambahkan Driver Audio untuk Instalasi Windows 10 dan Windows 11
Driver audio Steam Deck kini tersedia untuk Windows 10 dan 11. (Foto: Dok. Steam Deck)

Bagikan:

JAKARTA - Steam Deck adalah konsol gim genggam yang dapat memainkan permainan PC dan merupakan operation system (OS) yang dapat diinstal. Jika menginstal Windows, Anda memerlukan beberapa driver tambahan untuk mendapatkan pengalaman terbaik.

Valve akhirnya memperbaiki Steam Deck jika Anda memutuskan untuk menginstal OS Windows di perangkat genggam gim PC.

Tapi sekarang, sepasang driver audio baru ini berfungsi untuk instalasi Windows 10 dan 11 untuk Steam Deck.

Perangkat lunak ini diperlukan untuk memutar suara dari speaker internal perangkat atau jack headphone 3,5 mm jika Anda membuang SteamOS untuk sistem operasi Microsoft.

Driver Accelerated Processing Unit (APU) ini diperbarui pada 13 Mei 2022. Anda akan memerlukan versi Steam Deck yang diperbarui untuk dukungan audio. Jika Anda sudah memiliki driver lama, pastikan untuk mencentang kotak "factory reset" di penginstal.

Dual-Boot dengan SteamOS belum tersedia

Kembali pada bulan Maret, Valve secara resmi memperkenalkan dukungan OS Windows di Steam Deck, yang memungkinkan pemilik untuk mengubah produk menjadi mesin gim Windows yang sebenarnya.

Tetapi pada saat itu, perusahaan tidak menawarkan dukungan driver audio.

Pengumuman yang diberikan pada hari Jumat, 13 Mei juga membahas batasan audio tidak hanya untuk Windows 10, tetapi juga Windows 11.

Sayangnya, Steam Deck masih belum mendukung dual boot. Menginstal Windows mengharuskan Anda untuk menghapus SteamOS default yang sudah ada di dalamnya.

Catatan untuk menginstal Windows

Untuk masuk ke menu boot, matikan. Kemudian, sambil menahan volume Turun, tekan tombol daya.

Instalasi akan dalam orientasi potret (menyamping) pada layar Steam Deck. Anda dapat mengalihkan ini ke lanskap setelah Windows diinstal.