Google Siapkan Solusi Agar Ponsel Lawas Tetap Terhubung ke Internet di Android 14
Google tetap sertakan ponsel lawas masuki era Android 14. (foto: dok tech crunch)

Bagikan:

JAKARTA - Google sedang mengerjakan fitur baru untuk mengatasi ketika pengguna ponsel cerdas lawas ingin mengakses internet tapi tidak dapat terhubung, karena sertifikat root kedaluwarsa.

Fitur itu akan disematkan pada sistem operasi (OS) Android 14 terbaru, agar perangkat Android lawas tetap terhubung ke internet.

Menurut Mishaal Rahman dari Esper, yang melihat dalam kode Android open source, Google sedang mengerjakan modul arus utama baru itu.

Dengan hadirnya fitur tersebut, perangkat bisa memperbarui sertifikat root mereka dengan cepat melalui Google Play Service, meski ponsel tidak menerima pembaruan sistem dari produsen perangkat lagi.

Artinya, Google dapat melakukan pembaruan sesuai kebutuhan, sehingga perangkat tetap bisa terhubung ke semua situs web yang dapat dikunjungi di internet.

Mirip dengan berapa banyak komponen Android yang telah disiapkan untuk sementara waktu, termasuk Bluetooth.

Saat ini, sertifikat root diperbarui sebagai bagian dari pembaruan sistem lengkap, yang jarang dilakukan pada perangkat lama, ini dapat berisiko masuk ke wilayah sertifikat root yang kedaluwarsa.

Melansir Android Police, Rabu, 28 Desember, situasi tersebut hampir muncul pada setiap ponsel cerdas yang menjalankan Android 7 atau lebih lama pada 2021.

Sebagian besar aplikasi dan browser mengandalkan sertifikat root bawaan untuk memverifikasi koneksi yang aman, sementara di Windows dan macOS banyak aplikasi memiliki sertifikat root sendiri yang dapat diperbarui.

Langkah Google ini cukup baik, sebab sertifikat root terutama didasarkan pada kepercayaan, dan itulah yang memungkinkan situs membuat koneksi aman sejak awal.