Cara Charge Baterai HP yang Benar dan Cepat, Wajib untuk Ponsel yang Baru Dibeli
Cara Charge Baterai HP yang Benar (Android Authority)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Hampir semua oang tentu merasa kesal jika harus mengisi ulang baterai HP berulangkali. Apalagi untuk seseorang yang memiliki mobilitas tinggi. Kendala bakal terasa menyiksa. 

Memang, kini sudah tersedia banyak HP yang didukung baterai berkapasitas besar. Tak hanya itu, ada pula ponsel yang didukung dengan teknologi pengisian daya cepat. 

Tapi,tak jarang, fitur-fitur tersebut hanya menjadi gimmick belaka. Apalagi saat baterai sudah rusak, fitur-fitur tersebut tak terlalu berpengaruh banyak pada kebiasaan isi ulang. Baterai tetap cepat habis.

Harus diingat, teknologi hanyalah sekadar alat bantu belaka. Yang paling utama adalah pemahaman dan pengetahuan seseorang dalam melakukan sesuatu secara benar. Tak terkecuali dalam hal isi ulang daya baterai HP. 

Cara Ngecas HP yang Benar

Oleh karena itu, jika Anda ingin baterai HP lebih awet dan tetap tahan lama, wajib mengetahui cara charge baterai HP yang benar. Dan kali ini, tim VOI sudah rangkumkan dari berbagai sumber beberapa cara yang perlu Anda ketahui. Langsung cek aja, ya.

Aktifkan Mode Pesawat

Salah satu hal yang menguras daya baterai paling besar adalah sinyal atau jaringan internet. Sudah jadi rahasia umum pula bahwa semakin buruk sinyal yang didapat, semakin cepat pula daya baterai habis.

Padahal, di Indonesia, jaringan internet belum merata. Masih ada beberapa wilayah dengan kualitas yang buruk. Dan kondisi tersebut tentu saja berpengaruh langsung terhadap kesehatan baterai. 

Solusi cepatnya, aktifkan mode pesawat saat kamu mengisi ulang daya baterai. Berdasarkan uji coba banyak pengguna, cara ini bisa mengurangi waktu isi ulang yang dibutuhkan hingga 25 persen!

Menonaktifkan Ponsel

Cara yang sederhana, tapi seringkali diabaikan. Padahal, jika Anda mengisi ulang perangkat dalam kondisi mati, proses bakal berlangsung lebih cepat. Soalnya, tak ada layanan yang mengkonsumsi daya ketika baterai diisi ulang. 

Tapi, perlu diketahui pula, langkah ini memiliki kelemahannya. Anda tidak akan bisa menerima panggilan telepon yang bersifat urgent. Maka dari itu, sebaiknya lakukan cara ini ketika Anda benar-benar tidak ada kegiatan atau pekerjaan.

Isi Ulang Daya dari Sumber Listrik Utama

Perkembangan teknologi menawarkan beragam produk yang mempermudah aktivitas manusia.Jika baterai cepat habis, sebagian pengguna lebih memilih untuk menggunakan Power Bank atau isi ulang dari laptop. 

Memang, kedua produk tersebut juga bisa jadi alternatif. Terutama saat kamu tidak bisa menemukan sumber listrik utama. Tapi, perlu diketahui pula, kebiasaan tersebut juga berpotensi merusak kesehatan baterai jika dilakukan terus menerus. 

Soalnya, sumber listrik dari perangkat lain biasanya menghasilkan daya sebesar 0,5A. Jauh jika dibandingkan daya yang dihasilkan sumber listrik utama di rumah –yakni sebesar 1A. Itulah mengapa, isi ulang daya lewat laptop atau Power Bank biasanya berlangsung lebih lama. 

Maka, jika kamu ingin proses isi ulang daya baterai berlangsung lebih cepat, pastikan untuk melakukannya lewat sumber utama saja. 

Nah, itulah beberapa cara charge baterai HP yang benar agar awet dan lebih tahan lama. Jadi, jika tak ingin baterai HP milik Anda rusak, jadikan salah satu cara di atas sebagai kebiasaan.