Simak! Begini Cara Mengatasi Baterai HP yang tidak Bisa Penuh Saat Dicas
Ilustrasi charging smartphone. (foto: dok. Pixabay).

Bagikan:

YOGYAKARTA – Pernahkah Anda mengalami masalah daya pada baterai tidak bisa terisi penuh kendati sudah dicas selama berjam-jam? Jika pernah, Anda perlu mengetahui cara mengatasi baterai hp yang tidak bisa penuh atau bahkan malah berkurang saat dicas.

Umumya, daya baterai akan bertambah ketika ponsel terhubung dengan perangkat cas. Semakin lama ponsel terhubung ke perangkas cas, daya pada baterai akan bertambah hingga kapasitasnya terisi penuh.

Akan tetapi, pada kondisi tertentu, daya baterai tidak bisa bertambah katika ponsel tersambung ke perangkat cas. Lantas, mengapa hal ini bisa terjadi?

Penyebabnya ada bermacam-macam, bisa dari segi kabel cas, adaptor charger, stopkontak, dan lain sebagainya.

Jika Anda tengah mengalami baterai hp tidak bisa penuh ketika sedang dicas, berikut cara mengatasinya.

Cara Mengatasi Baterai HP tidak Bisa Penuh saat di Cas

Masalah pengisian daya baterai pada ponsel memang harus dicari di semua bagian. Mulai dari baterai, operating sistem smartphone hingga alat penghantar seperti charging baterai yang digunakan.

Ilustrasi charging HP
ilustrasi (Stocksnap / Pixabay)

Masing-masing bagian di atas memiliki peran penting untuk menjaga kesehatan baterai. Semakin lama baterai digunakan, maka kemampuan baterai menyimpan daya akan berkurang.

Dihimpun VOI dari berbagai sumber, Jumat, 30 September 2022, berikut cara mengatasi baterai HP yang tidak penuh saat di-charge.

  1. Beralih ke Charger Original

Cara pertama yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi baterai hp yang tidak terisi penuh saat dicas adalah mengganti charger pengisian baterai dengan yang original.

Charger Original bisa mengisi daya dengan stabil sehingga membuat umur baterai lebih lama. Sebaliknya, penggunaan charger tiruan bisa membuat kemampuan baterai menyimpan daya, menurun.

  1. Pastikan Kabel USB Terpasang dengan Benar

Saat mengecas HP, pastikan kabel USB terpasang dengan benar. Selain itu, perlu dicek apakah kondisi lubang pengisian yang ada di baterai maupun di kabel USB sudah bersih dan tidak goyang. Jika terdapat kotoran, segera bersihkan.

  1. Restart Ulang Ponsel

Cara berikutnya jika menemui baterai ponsel tidak penuh saat dicas adalah dengan merestart telepon genggam.

Dalam beberapa kasus, merestart atau reboot HP bisa menjadi solusi untuk masalah tersebut. Melakukan restar sama haknya mengulangi sistem dari awal lagi dengan harapan mengembalikan sistem pengisian jika ada bug.

  1. Stop Jalankan Aplikasi Berat

Ketika menjalankan aplikasi berat, seperti game online 3D, suhu ponsel akan naik karena hardware bekerja dengan ekstra. Situasi ini bisa membuat ponsel menjadi lebih panas.

Jika suhu ponsel dalam kondisi panas, biasanya fitur-fitur tertentu akan dimatikan secara otomatis, termasuk pengisian daya. Oleh sebab itu, ketika Anda mengecas HP sembari menjalankan aplikasi berat, pengisian daya tidak akan berjalan dengan optimal.

  1. Down Grade Operating System

Solusi berikutnya untuk mengatasi baterai hp yang tidak penuh saat sedang dicas adalah dengan meng-updat atau downgrade sistem operasi.

Apabila sistem pengisian daya makin kacau setelah melakukan update, segera lakukan downgrade operating system.

  1. Matikan Ponsel Saat Mengisi Daya Baterai

Mematikan ponsel saat mengecas HP bisa membuat kapasitas baterai terisi penuh. Ini merupakan cara ngecas HP yang benar, sebab saat ponsel mati, pengisian daya bisa lebih optimal dan baterai pun tidak cepat panas. Selain itu, dengan mengisi daya saat ponsel mati, baterai bisa terisi lebih cepat.

Demikianlah informasi soal cara mengatasi baterai hp yang tidak bisa penuh saat dicas. Semoga bermanfaat.