Google Permudah Pengguna Non-Ponsel Untuk Menginstal Aplikasi Smartwatch di Play Store
Ilustrasi smartwatch (foto: Unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Google baru-baru ini menambahkan tab baru beranda Google Play Store dengan rekomendasi untuk aplikasi Android Automotive, Android TV, dan Wear OS. 

Kunjungi "other devices" dan Anda dapat menemukan pelacak kesehatan untuk Galaxy Watch 5 Anda, atau layanan video untuk Chromecast Anda. 

Melansir dari Engadget, Anda dapat menemukan tab other devices tersebut di samping Top charts dan kidsAda juga filter pencarian baru yang akan membatasi hasil untuk yang mendukung perangkat keras non-ponsel Anda. 

Jadi, jika Anda menemukan sesuatu yang Anda sukai, Anda dapat menginstalnya dari jarak jauh dari handset Anda. 

Engadget juga mencatat bahwa Google sebelumnya merevisi situs web Play Store untuk meningkatkan navigasi dan fitur seperti pemasangan jarak jauh.

Sebelumnya, jika Anda menggunakan perangkat non-ponsel untuk menginstal aplikasi, itu sangat sulit untuk dilakukan. Tapi sekarang Google mempermudahnya. 

Langkah ini mengikuti upaya Google untuk mengakomodasi pengguna tablet, dan dapat membantu jika Anda tidak dapat mencari aplikasi di perangkat tempat Anda akan menggunakannya. 

Kemampuan ini pastinya sangat membantu bagi pengguna Wear OS yang mungkin harus menelusuri aplikasi di layar yang sangat kecil. 

Google juga mengharapkan bahwa ke depannya, pengguna akan dapat menemukan lebih banyak aplikasi lagi di perangkatnya, dan meningkatkan peluang untuk tetap berpegang pada ekosistem Android.

Tampaknya, langkah ini juga diambil karena Google ingin mempermudah pengguna Pixel, ponsel buatannya. Google secara resmi memulai debut Pixel Watch di acara New York City pada 6 Oktober, dan baru saja mengubah Chromecast 1080p.

Penemuan aplikasi yang ditingkatkan ini diklaim dapat membantu menjual produk tersebut.