Fitur Google Maps Ini Hilang Setelah Kematian Ratu Elizabeth II
Fituer khusus Ratu Elizabeth II kini dihilangkan dari Google Maps. (foto: dok. google)

Bagikan:

JAKARTA - Inggris tidak hanya kehilangan Ratu Elizabeth II, tetapi juga fitur Telur Paskah kecil yang sengaja ditempatkan di sekitar Istana Buckingham oleh Google Maps.

Telur Paskah ini akan muncul jika pengguna mengaktifkan Street View di Google Maps saat karakter Pegman, lelaki kuning kecil muncul dan berubah menjadi versi kartun Ratu.

Pegman akan mengenakan gaun kerajaan dan mahkota seperti raja, yang oleh Google sendiri dijuluki PegMa'am. Sayangnya, fitur unik tersebut tiba-tiba menghilang setelah kematian Ratu Elizabeth II beberapa waktu lalu.

Hal itu pertama kali diketahui oleh pengguna Reddit saat menyadari karakter Ratu Elizabeth II tidak lagi muncul di Street View sekitaran istana, begitu pun sosok PegMa'am di sekitar Kastil Windsor dan Kastil Balmoral di Skotlandia.

Melansir Metro, Selasa, 27 September, sekarang jika pengguna membuka Street View di sekitaran Istana Buckingham, maka Pegman yang terlihat hanya bentuk aslinya saja.

Karakter Pegman tersebut pertama kali diperkenalkan pada 2015 untuk menghormati Ratu Elizabeth II, raja terlama dalam sejarah Inggris.

Pegman khusus ini tak hanya terdapat di Inggris, saat pengguna menggunakan Street View di sekitar Loch Ness yakni danau air tawar di Skotlandia, Pegman akan berubah menjadi Nessie versi kecil, atau jika pengguna berada di sekitar Area 51 di gurun Nevada, Pegman akan berubah menjadi UFO kecil.