Berkabung untuk Mendiang Ratu Elizabeth II, Google Ganti Logo Warna Hitam di Inggris Saat Hari Pemakaman
Google ganti logoi warna hitam di Inggris. (foto: tangakapan layar)

Bagikan:

JAKARTA - Google telah mengubah logonya menjadi hitam seluruhnya dan menambahkan pita hitam ke berandanya sebagai tanda penghormatan menjelang pemakaman kenegaraan Ratu Elizabeth II, Senin 19 September.

Logo, yang biasanya muncul dalam warna merah terang, kuning, biru dan hijau, diganti dengan teks abu-abu di Inggris pada 8 September - hari kematian Ratu.

Pita hitam juga ditambahkan di bawah logo, bersama dengan pesan 'Terima kasih, Bu', dan tautan ke 'Refleksikan kehidupan Ratu Elizabeth II yang luar biasa'.

Logo abu-abu secara bertahap diluncurkan ke beranda Google di beberapa negara lain selama beberapa hari berikutnya.

Namun, tepat pukul 00:00 WIB pada Minggu, 18 September, logo terkenal itu berubah dari abu-abu menjadi hitam khusus di Inggris.

Ini telah ditafsirkan sebagai pengakuan atas pemakaman Ratu, yang akan berlangsung pada pukul 11:00 waktu Inggris.

CEO Google Sundar Pichai mengirim pesan belasungkawa pribadinya untuk Ratu, dengan sebuah posting di akun Twitter pribadinya.

"Mengirimkan belasungkawa terdalam kami kepada orang-orang Inggris dan di seluruh dunia yang berduka atas meninggalnya Ratu Elizabeth II," tulisnya pada 8 September. “Kepemimpinannya yang teguh dan pelayanan publik telah menjadi hal yang konstan sepanjang hidup kami. Dia akan dirindukan.”

Dia termasuk di antara beberapa pemimpin teknologi, termasuk pendiri Microsoft Bill Gates dan CEO Amazon Jeff Bezos untuk memberikan penghormatan kepada Yang Mulia.

“Saya merasa terhormat telah bertemu HM Ratu Elizabeth, dan saya sangat sedih mendengar dia meninggal. Belasungkawa terdalam saya kepada Keluarga Kerajaan dan orang-orang Inggris," tulis Gates dalam sebuah posting Twitter.

Sementara itu, Bezos berkata: “Saya tidak bisa memikirkan siapa pun yang lebih baik mempersonifikasikan tugas. Belasungkawa terdalam saya untuk semua orang Inggris yang berduka atas kematiannya hari ini.”

Beberapa pengguna Google turun ke Twitter pagi ini untuk berbagi gambar setelah melihat perubahan dalam semalam.

"Pada pukul 00:00, Senin pagi (waktu Inggris), logo #Google berubah dari abu-abu yang diredam menjadi hitam pekat - menjelang pemakaman kenegaraan Ratu hari ini," tulis pengguna Twitter @RealKx1, seperti dikutip Daily Mail.

"Ini baru saja lewat tengah malam di Inggris dan logo Google berubah dari abu-abu menjadi hitam," tulis @TheGayAlbino.

“Logo Google telah berubah dari abu-abu menjadi hitam!” tulis @LambethAndy.

Layanan pemakaman di Westminster Abbey  dimulai pada pukul 11:00 BST, dan pintu telah dibuka sejak pukul 08:00 untuk memungkinkan para tamu untuk duduk.

Setelah kebaktian, peti mati Ratu akan diangkut ke Wellington Arch, di mana peti itu akan dipindahkan ke mobil jenazah sebelum melakukan perjalanan ke Kastil Windsor.

Mobil jenazah  tiba di kastil tepat setelah pukul 15:00 BST, dan akan melakukan perjalanan dalam prosesi ke kapel St George, di mana akan diserahkan oleh Dekan Windsor.

Ratu kemudian akan dimakamkan dalam upacara pribadi yang dihadiri oleh keluarganya di kapel Memorial Raja George VI pada pukul 19:30. Dia  dimakamkan bersama suaminya, Duke of Edinburgh.