Sertifikat Ungkap Penyebab Wafatnya Ratu Elizabeth II, Didaftarkan oleh Putri Anne
Raja Charles III meletakkan The Queen's Company Colour of the Grenadier Guards di atas peti mati Ratu Elizabeth II. (Twitter @Royal Family)

Bagikan:

JAKARTA - Penyebab kematian Ratu Elizabeth II digambarkan sebagai 'usia tua' dalam sertifikat kematian yang dirilis oleh National Records of Scotland pada Hari Kamis.

Registrar General untuk Skotlandia, Paul Lowe, membenarkan bahwa kematian Ratu tercatat di Aberdeenshire pada 16 September. Putri Anne mendaftarkan kematian ibunya.

Dokumen tersebut menyatakan bahwa raja berusia 96 tahun itu meninggal pada pukul 15.10 pada tanggal 8 September di Kastil Balmoral, Ballater. Konfirmasi penyebab kematiannya oleh Douglas James Allan Glass, praktisi medis bersertifikat.

Usia tua adalah satu-satunya penyebab kematian yang terdaftar, tanpa faktor lain yang berkontribusi. Glass sendiri adalah apoteker untuk Ratu, dokternya di Skotlandia, melansir The Guardian 29 September.

Catatan menunjukkan, Ratu meninggal lebih dari tiga jam sebelum berita itu diumumkan oleh Istana Buckingham dalam sebuah pernyataan pada pukul 18:30.

Diketahui, Ratu Elizabeth II, raja terlama di Inggris, meninggal dengan tenang pada usia 96 tahun di Kastil Balmoral, rumah musim panasnya di dataran tinggi Skotlandia, pada 8 September.

Dua hari sebelum meninggal dunia, Ratu menunaikan tugas resmi terakhirnya, dengan menunjuk Liz Truss sebagai Perdana Menteri Inggris.