Raja Charles III Gelar Perayaan Natal Keluarga Kerajaan di Sandringham, Perdana Sejak COVID-19 dan Wafatnya Ratu Elizabeth II
Pangeran William, Raja Charles III dan Permaisuri Camilla. (Wikimedia Commons/ukhouseoflords)

Bagikan:

JAKARTA - Keluarga Kerajaan Inggris akan menghabiskan Natal di Sandringham House untuk pertama kalinya dalam tiga tahun terakhir, menurut konfirmasi Istana Buckingham.

Menandai kembalinya perayaan kerajaan tradisional, Raja Charles III dan Permaisuri Camilla akan merayakan Hari Natal di bekas perkebunan Norfolk mendiang Ratu Elizabeth II bersama anggota keluarga.

Perayaan di Sandringham akan menjadi pertama kalinya bagi keluarga kerajaan menghabiskan Natal di kediaman pribadi kerajaan sejak 2019, pun juga perdana setelah wafatnya Ratu Elizabeth II pada Bulan September.

"Yang Mulia raja dan permaisuri, didampingi oleh anggota keluarga kerajaan, akan menghadiri Kebaktian Pagi pada Hari Natal di Gereja Sandringham pada Minggu 25 Desember 2022," kata Istana Buckingham dalam pernyataan singkat, melansir The National News 20 Desember.

Kemungkinan Raja Charles dan Permaisuri Camilla akan bergabung dengan Pangeran dan Putri Wales dan anak-anak mereka, Putri Anne dan keluarganya serta Pangeran Edward dan keluarga, tetapi belum jelas apakah Pangeran Andrew akan ikut serta atau tidak.

Tradisi Natal di Sandringham House terhenti ketika pandemi COVID-19, dengan mendiang Ratu Elizabeth II menghabiskan masa perayaan di Kastil Windsor dua tahun berturut-turut — yang pertama dengan Duke of Edinburgh, terpisah dari keluarga besarnya dalam penguncian.

Perayaan Natal Kerajaan termasuk menampilkan perjalanan pagi ke Gereja St. Mary Magdalene, sambutan dari para simpatisan dan makan siang keluarga dengan kalkun dan segala fasilitasnya.

Raja Charles III dilaporkan telah merekam Siaran Natal pertamanya yang bersejarah sebagai raja, di mana dia pasti akan merenungkan kehilangan ibunya dan warisannya.

Secara tradisional, anggota keluarga kerajaan duduk untuk menonton siaran televisi ketika disiarkan setelah makan siang, biasanya pada pukul 15:00 pada tanggal 25 Desember.

Diketahui, Sandringham House telah menjadi rumah pribadi empat generasi raja Inggris selama lebih dari 160 tahun, dan sekarang menjadi milik raja.

Terbaru, almarhum Ratu Elizabeth II merayakan malam perayaan platinumnya di sana tujuh bulan sebelum kematiannya.

Sandringham House dibeli pada tahun 1862 oleh Pangeran Wales saat itu, yang kemudian menjadi Raja Edward VII, sebagai retret pedesaan pribadi.

Rumah itu dibangun kembali pada tahun 1870 untuk memastikannya cukup besar, bagi keluarganya yang sedang tumbuh.

George V, kakek ratu, menggambarkan rumah itu sebagai: "Sandringham tua tersayang, tempat yang paling saya cintai daripada tempat lain di dunia."

Sementara George VI, ayah ratu, menulis: "Saya selalu sangat bahagia di sini dan saya menyukai tempat ini."