Bagikan:

JAKARTA - Raja Inggris Charles III menamai adik laki-lakinya Pangeran Edward sebagai Duke of Edinburgh yang baru pada Jumat, memberinya gelar yang terakhir dipegang oleh ayah mereka Pangeran Philip, kata Istana Buckingham dalam sebuah pernyataan.

Pangeran Edward yang genap berusia 59 tahun pada Hari Jumat, menjadi anggota terbaru keluarga kerajaan yang diberikan gelar baru, sejak Charles naik takhta menjadi raja pada Bulan September, setelah wafatnya sang ibu Ratu Elizabeth II.

William, putra tertua Charles dan pewaris takhta, diberi nama Prince of Wales. Sementara, anak-anak dari putra keduanya Harry, yang tidak lagi bekerja sebagai anggota kerajaan, secara resmi dinobatkan sebagai pangeran dan putri awal pekan ini.

"Duke dan Duchess of Edinburgh yang baru dengan bangga melanjutkan warisan Pangeran Philip dalam mempromosikan peluang bagi kaum muda dari semua latar belakang untuk mencapai potensi penuh mereka," kata Istana Buckingham, merujuk pada istri Edward, Sophie, melansir Reuters 10 Maret.

Gelar baru ini akan dipegang seumur hidup oleh Pangeran Edward. Pewaris takhta urutan ke-13 itu akan menghadiri penobatan sang kakak pada Mei mendatang sebagai adipati, dengan gelar yang identik dengan mendiang ayahnya, seperti mengutip BBC.

Pada akhir tahun lalu, Parlemen mempercepat perubahan undang-undang untuk menambahkan Pangeran Edward dan saudara perempuannya Putri Anne ke "penasihat negara" yang dapat bertindak atas nama Raja.

Sementara itu, Gelar Earl of Wessex kini telah diberikan kepada putra Edward dan Sophie, James Viscount Severn yang berusia 15 tahun.

Diketahui, Pangeran Edward menjadi orang kelima di keluarga Kerajaan Inggris yang menyandang gelar Duke of Edinburgh, mengutip situs resmi Keluarga Kerajaan Inggris.

Sebelumnya, sang ayah, Pangeran Philip telah memegang gelar Duke of Edinburgh sejak pernikahannya dengan Ratu Elizabeth II pada tahun 1947 hingga kematiannya pada tahun 2021.

Jauh sebelumya, gelar ini disandang oleh Pangeran Frederick, putra sulung Raja George II di tahuun 1726. Kemudian, gelar ini dipegang oleh Prince William, saudara Raja George III, bergelar The Duke of Gloucester and Edinburgh di tahun 1764. Gelar kemudian dipegang oleh Pangeran Alfred, anak kedua Queen Victoria di tahun 1866.