Ini Daftar Nama 30 Tamu yang akan Menghadiri Pemakaman Pangeran Philip Mountbatten
Keluarga Kerajaan Inggris. (Wikimedia Commons/Carfax2)

Bagikan:

JAKARTA - Istana Buckingham telah mengungkapkan 30 orang yang akan mengikuti prosesi upacara pemakaman Pangeran Philip Mountabtten, Duke of Edinburgh pada Hari Sabtu 17 April.

Seiring dengan pandemi COVID-19, pemakaman Pangeran Philip akan jauh lebih singkat dan sederhana, dengan hanya dihadiri oleh segelintir orang.

"Namun, upacara itu akan mempertahankan tradisi penuh warna dari pemakaman kerajaan dan merupakan cerminan dari afiliasi militer Duke dan elemen pribadi kehidupan Yang Mulia," kata juru bicara Istana Buckingham, seperti melansir CNN, Jumat 16 April. 

Juru bicara istana mengatakan, keluarga kerjaan bersyukur dan berterima kasih atas pesan belasungkawa yang dikirim dari seluruh dunia, sejak Pangeran Philip meninggal pada Jumat pekan lalu di Kastil Windsor. 

"Penghargaan yang diterima dari tua dan muda benar-benar merupakan bukti kehidupan yang luar biasa dan upaya abadi Yang Mulia," tambahnya.

pangeran philip
Ratu Elizabeth II bersama Pangeran Philip Mountbatten. (Wikimedia Commons/Myles Cullen)

Lebih dari 700 personel Angkatan Bersenjata dari Angkatan Laut Kerajaan, Marinir Kerajaan, Angkatan Darat Inggris, dan Angkatan Udara Kerajaan akan memberikan dukungan seremonial selama pemakaman.

Pangeran William dan Harry akan bersatu kembali untuk berjalan di belakang peti mati Duke of Edinburgh bersama ayah mereka, Charles, dan anggota keluarga kerajaan lainnya, sebagai bagian dari prosesi pribadi menjelang upacara pemakaman pada Hari Sabtu.

Sementara Ratu Elizabeth II tidak akan ambil bagian dalam prosesi sebelum kebaktian, Pangeran Charles dan saudara perempuannya Putri Anne akan mengikuti Land Rover yang dimodifikasi khusus, yang akan membawa peti mati Duke ke kapel. Perjalanan diperkirakan memakan waktu sekitar delapan menit.

Saudara kandung mereka, Pangeran Andrew dan Pangeran Edward, akan berpartisipasi dalam prosesi tepat di belakang mereka. William dan Harry akan datang berikutnya meskipun mereka akan dipisahkan dari berjalan bersama oleh sepupu mereka Peter Philips. Dan di belakang mereka akan ada anggota keluarga terakhir, suami Anne, Wakil Laksamana Tim Laurence, dan Earl of Snowdon.

Bangsawan yang tidak terlibat dalam prosesi seperti Camilla Duchess of Cornwall dan Catherine Duchess of Cambridge (Kate Middleton) akan bergabung dengan Ratu Elizabeth II untuk menonton parade pemakaman di luar Serambi Kapel Galilea. Ini juga termasuk kerabat sedarah dari pihak Duke yang akan hadir termasuk keponakan laki-laki mendiang Pangeran Philip, Pangeran Herediter Baden dan Pangeran Hohenlohe-Langenburg.

pangeran philip
Ratu Elizabeth bersama Pangeran Philip Mountbatten. (Wikimedia Commons/Carfax2)

Keputusan beberapa bangsawan untuk berjalan di belakang peti mati pasti akan menarik perbandingan dengan pemakaman Putri Diana pada tahun 1997 ketika Charles, William dan Harry berpartisipasi dalam prosesi serupa bersama dengan Pangeran Philip dan saudara laki-laki Putri Diana, Earl Spencer.

"Peringatan Hari Sabtu tidak akan seperti pemakaman kerajaan lainnya baru-baru ini karena pandemi virus corona. Jemaat akan mengenakan masker selama kebaktian," terang juru bicara istana.

Sejalan dengan keinginan mendiang Pangeran Philip, itu akan menjadi pemakaman seremonial, bukan acara kenegaraan dan semua pengaturan akan berlangsung di dalam Kastil Windsor tanpa keterlibatan publik untuk memastikan untuk mematuhi protokol COVID-19.

Berbeda dengan tradisi yang ada, anggota keluarga kerajaan tidak akan mengenakan seragam militer, dan sebaliknya mengenakan mantel pagi dengan medali atau pakaian siang hari, tambah juru bicara itu.

Subjek pakaian muncul dalam beberapa hari terakhir setelah beberapa media Inggris melaporkan Pangeran Andrew ingin mengenakan seragam laksamana. Andrew mundur dari tugas kerajaannya pada 2019 karena terkait Jeffrey Epstein

Keputusan terhadap seragam juga akan menyelesaikan dilema yang dihadapi keluarga kerajaan, karena Pangeran Harry baru-baru ini kehilangan gelar militer kehormatannya, ketika dia memilih untuk mundur sebagai bangsawan senior bersama istrinya Meghan Markel Maret lalu.

Selama kebaktian, paduan suara yang terdiri dari empat orang akan menyanyikan musik pilihan mendiang Pangeran Philip untuk acara tersebut. Mereka akan didudukkan di bagian tengah, jauh secara sosial dari anggota keluarga yang berkumpul dan pembantu dekat. Satu ketidakhadiran penting adalah kurangnya nyanyian jemaat yang saat ini dilarang oleh pedoman kesehatan masyarakat.

Setelah kebaktian, peti mati akan diturunkan di Royal Vault di bawah kapel saat paduan suara menyanyikan lagu kebangsaan.

Berikut adalah daftar lengkap tamu yang akan menghadiri pemakaman Duke of Edinburgh:

1. The Queen

2. The Prince of Wales

3. The Duchess of Cornwall 

4. The Duke of Cambridge

5. The Duchess of Cambridge

6. The Duke of Sussex

7. The Duke of York

8. Princess Beatrice

9. Edoardo Mapelli Mozzi

10. Princess Eugenie

11. Jack Brooksbank

12. The Earl of Wessex

13. The Countess of Wessex

14. Lady Louise Windsor

15. Viscount Severn

16. The Princess Royal

17. Vice Admiral Sir Timothy Laurence

18. Peter Phillips

19. Zara Phillips

20. Mike Tindall

21. Earl of Snowdon

22. Lady Sarah Chatto

23. Daniel Chatto

24. Duke of Gloucester

25. Duke of Kent

26. Princess Alexandra

27. Bernhard, Hereditary Prince of Baden

28. Prince Donatus, Landgrave of Hesse

29. Prince Philipp of Hohenlohe-Langenburg

30. The Countess Mountbatten of Burma