Pemakaman Pangeran Philip, Misa Dipimpin Uskup Agung Canterbury dan Dean of Windsor
Jenazah Pangeran Philip di dalam Kapel St. George. (Sumber: Tangkapan layar CNN)

Bagikan:

JAKARTA - Kerajaan Inggris menggelar upacara pemakaman mendiang Pangeran Philip Mountbatten di Kapel St. George di Kastil Windsor, Sabtu 17 April.

Peti jenazah Pangeran Philip diselimuti dengan bendera kebesaran yang melambangkan Yunani, Denmark sebagai garis keluarga Pangeran Philip, Lambang Kota Edinburgh, serta Mahkota Angkatan Laut yang melambangkan karirnya di Angkatan Laut. 

Topi serta pedang Angkatan Laut diletakkan di atas peti jenazah Pangeran Philip. Peti diangkut dengan menggunakan mobil Land Rover Defender yang dipesan dan didesain khusus oleh mendiang Pangeran Philip.

Tiba di Kapel St. George, jenazah disambut dengan pluit serta jajar kehormatan sebelum diturunkan dari mobil jenazah, mengingat mendiang Pangeran Philip merupakan perwira tinggi Angkatan Laut Inggris.

Jenazah Pangeran Philip dibawa ke dalam Kapel St. George untuk prosesi misa pemakaman dengan diusung oleh delapan orang perwira kerajaan, diikuti dengan seluruh anak-anaknya yang dipimpin oleh Pangeran Charles dan cucu serta kerabat di belakangnya. Pluit kehormatan kembali dibunyikan, sebelum jenazah dibawa ke dalam Kapel St. George.  

Misa pemakaman Pangeran Philip dipimpin langsung oleh Pemimpin spiritual Gereja Anglikan, Uskup Agung Canterbury Justin Welby bersama dengan Dean of Windsor David Conner. Misa diikuti hanya oleh keluarga inti kerajaan yang berjumlah 30 orang.