Kecintaan Pangeran Philip pada Land Rover: Sopiri Barack Obama hingga Jadi Mobil Pembawa Peti Jenazah
Land Rover Defender yang akan dipakai membawa peti jenazah Pangeran Philip. (Sumber: Tangkapan layar YouTube The Royal Family Channel)

Bagikan:

JAKARTA - Mobil legendaris kebanggaan Inggris Land Rover dan Pangeran Philip Mountbatten adalah dua hal yang sulit dipisahkan. Selain menjadi kendaraan kesukaan, Land Rover pula yang akan membawa peti janazah Pangeran Philip saat pemakaman Sabtu 17 April ini.

Ya, rencananya, jenazah Pangaran Philip akan dibawa ke Kapel st. George dengan Land Rover yang Ia pesan dan ikut dalam proses perancangannya. Alih-alih menggunakan warna hitam tradisional, Land Rover tersebut berbalur cat hijau perunggu tua, warna yang banyak dipakai untuk Land Rover militer Inggris.

"Kami sangat beruntung telah menikmati hubungan yang sangat lama dan bahagia dengan Duke of Edinburgh selama beberapa dekade," kata Thierry Bolloré, Kepala Eksekutif Jaguar Land Rover dalam sebuah pernyataan yang dirilis oleh Istana Buckingham, seperti melansir NBC NEWS Sabtu 17 April.

"Kami juga merasa terhormat bahwa Land Rover yang dirancang Duke akan digunakan pada pemakaman pada Hari Sabtu," sambungnya.

pangeran philip
Pangeran Philip ikut mendesain hingga detail terkecil seperti pegangan karet di bagian belakang karet penahan peti jenazah. (Sumber: Tangkapan layar YouTube The Royal Family Channel)

Pihak Istana menyebut, mendiang Pangeran Philip mulai berkonsultasi tentang desain dengan insinyur Land Rover sekitar 18 tahun lalu atau pada tahun 2003.

Melansir Sky News, Land Rover yang akan membawa peti mati Pangeran Philip merupakan modifikasi Land Rover Defender TD5 130 chassis cab. Dibangun dengan sasis Defender TD5 di pabrik Land Rover di Solihull, barat laut London, bagian belakang kendaraan dimodifikasi agar lebih seperti truk pickup yang mampu membawa peti mati Pangeran Philip. 

"Land Rover tersebut betul-betul dirancang secara khusus sesuai dengan spesifikasi yang diinginkan oleh Duke Edinburgh. Modifikasi lebih lanjut, yang dilaporkan termasuk pegangan karet yang dirancang untuk menjaga peti mati di tempatnya, dilakukan hingga 2019," kata istana.

Bollore mengatakan, pihaknya mengacu pada minat seumur hidup Pangeran Philip pada teknologi dan bagaimana hal itu dapat mengubah kehidupan manusia. Bollore menyebut Pangeran Philip sebagai juara luar biasa untuk desain, teknik dan teknologi.

pangeran philip
Ratu Elizabeth II bersama Pangeran Philip menaiki Land Rover di Queens Land, Australia. (Wikimedia Commons/State Library of Queensland, Australia)

"Selama kunjungannya ke situs kami, dia terlibat dengan ratusan karyawan dan menunjukkan pengetahuannya yang mengesankan, serta minat yang mendalam pada desain kendaraan, teknik, dan manufaktur," kenang Bollore.

Philip memiliki minat yang besar pada mobil, terutama yang buatan Inggris seperti Land Rover yang mendapat cap persetujuan pribadinya, atau "Royal Warrant," 40 tahun yang lalu. 

Dia juga mengunjungi pabrik Jaguar Land Rover berkali-kali dan menemani Ratu Elizabeth II pada tahun 2014 ketika dia secara resmi membuka pabrik mesin baru perusahaan di Wolverhampton.

Sebagai pengantin baru, Philip menyukai mobil sport Inggris dan jatuh cinta dengan Range Rover ketika pertama kali diperkenalkan pada tahun 1970-an, menurut majalah Car and Driver.

Pada tahun 2016, ketika Presiden Barack Obama dan Ibu Negara Michelle Obama tiba di Kastil Windsor dengan helikopter untuk makan siang bersama Ratu Elizabeth II. 

Pangeran Philip mengejutkan wartawan saat mengambil alih kemudi Range Rover dan bersikeras untuk mengantar Barack Obama dan Michelle serta Ratu Elizabeth II ke Kastil. Jaraknya hanya sekitar 400 yard, tetapi Philip saat itu berusia 94 tahun.