Cara Kalibrasi Baterai iPhone Dalam Enam Langkah Mudah
Cara kalibrasi baterai iphone (Makeuseof)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Baterai dengan daya tahan pendek tentu saja menjadi kendala besar bagi pemilik ponsel. Baik pengguna ponsel Android atau iPhone. Jika aktivitas Anda mengharuskan terus terhubung dengan ponsel sepanjang hari, kendala ini tentu saja memengaruhi aktivitas.

Sebelumnya, tim VOI sudah sedikit menjelaskan tentang penyebab dan cara menjaga daya tahan baterai. Tapi, cara itu hanya bisa diterapkan pada ponsel Android saja.

Kali ini, penulis sudah merangkum dari berbagai sumber cara yang sama untuk ponsel iPhone. Cukup melakukan cara kalibrasi baterai iPhone berikut, Anda akan mendapati daya tahan baterai yang semakin lama.

Apa itu Kalibrasi Baterai?

Seluruh sistem operasi, baik Android maupun iOS, terus memindai tingkat kapasitas baterai. Sehingga, layar bisa menampilkan sisa kapasitas baterai, baik ketika penuh maupun kosong.

Namun, ada kendala yang mengikuti di belakangnya. Terkadang, informasi yang disampaikan kurang akurat. Mengakibatkan ponsel yang tiba-tiba saja mati tanpa penyebab -padahal baterai belum menunjukkan angka 0 persen.

Perbedaan data ini biasanya disebabkan oleh usia perangkat. Pasalnya, semua jenis baterai mengalami penurunan kualitas seiring berjalannya waktu. Dan baterai yang dipakai lebih lama biasanya tidak mampu menyimpan daya sebanyak baterai baru.

Masalahnya, sistem operasi perangkat tidak bisa memperhitungkan degradasi kualitas ini. Oleh karena itu, kalibrasi baterai pun dibutuhkan. Singkatnya, kalibrasi baterai adalah membuat sistem operasi mendapatkan data yang akurat.

Dengan begitu, informasi yang tampil di layar pun bisa diandalkan. Dan berdasarkan fungsinya tersebut, Anda tentu sudah mulai mendapatkan gambaran betapa pentingnya cara ini, bukan?

Cara Kalibrasi Baterai iPhone

Sebelum memulai proses kalibrasi, ada beberapa hal yang perlu Anda lakukan. Sehingga bisa membantu sistem operasi untuk mendapatkan informasi yang lebih akurat. Antara lain:

  • Menonaktifkan layanan lokasi
  • Menonaktikan aplikasi yang berjalan di latar belakang
  • Menurunkan tingkat kecerahan layar
  • Menonaktifkan fitur Pembaruan Otomatis

Jika fitur-fitur di atas sudah Anda matikan, maka Anda sudah siap untuk mengkalibrasi baterai iPhone. Berikut ini langkah-langkahnya:

  1. Kosongkan baterai
  2. Tunggu tiga jam usai baterai benar-benar habis
  3. Isi ulang baterai
  4. Kosongkan lagi daya baterai
  5. Diamkan perangkat selama tiga jam
  6. Isi ulang lagi baterai hingga 100%

Usai sudah uraian kali ini mengenai cara kalibrasi baterai iPhone. Semoga penjelasan di atas bisa membantu Anda untuk membuat daya tahan baterai HP lebih panjang, ya.