Bagikan:

JAKARTA – Peluncuran iPhone 16 sudah dilakukan, dan bersamaan dengan munculnya ulasan pertama, ada beberapa detail menarik terkait perbaikan perangkat ini. Apple telah melakukan beberapa perubahan internal yang signifikan, menjadikan iPhone 16 sebagai iPhone paling mudah diperbaiki hingga saat ini. Berikut perubahan yang dilakukan untuk meningkatkan kemudahan perbaikan iPhone.

Apple terus bergerak ke arah peningkatan kemampuan perbaikan iPhone selama beberapa tahun terakhir. Ini sejalan dengan ambisi perusahaan untuk mencapai tujuan lingkungan pada tahun 2030. Upaya seperti program Self Service Repair telah membantu pengguna memperpanjang masa pakai iPhone mereka.

Pada iPhone 16, Apple memperkenalkan beberapa perubahan internal yang penting untuk meningkatkan kemampuan perbaikan perangkat ini secara inheren.

Analisi Brian Heater dari TechCrunch menyoroti beberapa perubahan ini. Menurutnya perubahan paling menarik adalah desain perekat baru yang dapat dilepaskan dengan memberikan tegangan rendah dari baterai 9 volt. Perekat ini telah lama menjadi tantangan terbesar bagi para perakit DIY (do-it-yourself). Semakin tipis perangkat, semakin tergantung produsen seperti Apple pada perekat untuk menggantikan sekrup.

Sebelumnya, alat untuk melelehkan perekat menjadi bagian penting dari kit Self Service Repair Apple, terutama dalam penggantian baterai. Namun, dengan adanya perekat baru ini, masalah tersebut tidak lagi ada. Selain itu, beberapa komponen lain kini lebih mudah diperbaiki dibandingkan sebelumnya.

LiDAR Scanner, yang masih eksklusif untuk iPhone 16 Pro dan 16 Pro Max, kini lebih mudah diservis berkat revisi internal perangkat. Begitu pula dengan kamera TrueDepth yang kini dapat diperbaiki.

Semua ini dilengkapi dengan fitur Repair Assistant baru yang dirilis dua hari lalu. Dengan fitur ini, baik profesional perbaikan maupun konsumen akan mendapatkan manfaat dari sistem Apple yang secara otomatis menginstal data kalibrasi yang diperlukan untuk memastikan bagian yang diperbaiki berfungsi dengan baik.

Apple memang terus berinvestasi untuk membuat iPhone lebih mudah diperbaiki. Ini tidak hanya meningkatkan nilai jual kembali iPhone, tetapi juga memungkinkan lebih banyak pengguna memanfaatkan perangkat yang sudah ada di pasaran.