Rekomendasi Platform untuk Membuat Formulir Online, Tanpa <i>Install</i> Aplikasi
Ilustrasi formulir online (Makeuseof)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Umpan balik dari pengguna atau pelanggan, pendaftaran acara, survey, soal ujian, dan masih banyak lagi. Ada banyak alasan yang memaksa kita untuk membuat dan mengirimkan formulir online.

Beruntunglah kita yang saat ini hidup dalam zaman kemudahan teknologi. Berbagai urusan bisa diselesaikan secara online. Tak terkecuali jika Anda ingin mengirimkan formulir survey atau registrasi.

Kini, sudah tersedia sejumlah platform yang menawarkan layanan tersebut. Bahkan, masing-masing platform sudah dirancang dengan tampilan yang memudahkan pengguna pemula. Sehingga, Anda tak perlu lagi mengandalkan aplikasi eksternal.

Lalu, apa saja pilihan platform untuk membuat formulir online? Berdasarkan hasil penelusuran tim VOI, berikut ini beberapa platform yang bisa Anda manfaatkan:

Google Forms

Di urutan pertama, tentu saja platform milik Google. Mungkin, tak sedikit di antara pembaca yang sudah menggunakan platform ini.

Baik dikirimkan pada pelanggan sebagai bentuk umpan balik, diisi soal yang bisa diisi murid atau mahasiswa selama belajar di rumah, dan banyak alasan lainnya.

Baik Anda pengguna yang terbiasa dengan layanan Google, atau yang benar-benar baru mencoba. Anda bakal dimudah dalam membuat formulir online ketika menggunakan Google Forms.

Tak hanya itu, tersedia pula beragam pilihan template formulir. Seperti formulir undangan acara, registrasi event, RSVP, kuesioner, dan masih banyak lagi.

Atau, tersedia pula pilihan di mana kamu bisa membuat formulir dari awal.

HubSpot Free Online Form Builder

Dalam dunia marketing, HubSpot dikenal sebagai perusahaan yang menyediakan alat penelitian pasar. Tapi, tak hanya itu saja layanan milik perusahaan yang bermarkas di Amerika Serikat ini.

HubSpot juga menyediakan layanan pembuatan formulir online.

Menggunakan mekanisme drag-and-drop, bikin formulir online lewat HubSpot jadi lebih gampang. Dan yang Anda butuhkan hanyalah daftar pertanyaan untuk diisikan dalam kolom formulir.

Perusahaan menyediakan lebih dari 1.000 jenis formulir, dengan puluhan jenis personalisasi untuk setiap formulir. Seperti menu dropdown, pilihan, kotak centang, dan masih banyak lagi.

Growform

Bagi pelaku bisnis yang ingin membuat formulir lebih terkesan professional dan elegan, platform Growform merupakan pilihan yang tepat. Perusahaan menyediakan lebih dari 20 template formulir yang dirancang khusus untuk bisnis dan industri.

Masing-masing template juga dirancang khusus untuk meningkatkan coversion rate. Dengan begitu, Anda tidak perlu repot-repot merancang formulir untuk performa penjualan. Growform yang bakal melakukannya.